HTML

Iklan

Pengaruh Pemberian Lps (Lipopolisacharida) Terhadap Aktifitas Fagositosis dan Jumlah Eritrosit Darah Ikan Nila (Oreocromis sp)

Pengaruh Pemberian Lps (Lipopolisacharida) Terhadap Aktifitas Fagositosis dan Jumlah Eritrosit Darah Ikan Nila (Oreocromis sp)
Abstraks: Pada budidaya ikan nila secara intensif seringkali ditemukan serangan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri ataupun virus. Penanggulangan dengan antibiotik seringkali tidak efektif, sehingga perlu alternatif baru dalam pemecahan masalah penyakit ikan. Diketahui bahwa ikan mempunyai respon kekebalan non spesifik yang bisa dirangsang dengan pemberian immunostimulant seperti LPS dari bakteri. Diharapkan LPS yang diberikan dapat meningkatkan respon kekebalan non spesifik pada ikan sehingga meningkatkan resistensinya terhadap serangan patogen. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian LPS (Lipopolisakarida) dengan dosis yang berbeda terhadap aktivitas fagositosis dan jumlah eritrosit darah ikan nila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian LPS memberikan pengaruh sangat nyata terhadap aktivitas fagositosis. Perlakuan yang terbaik terdapat pada dosis penyuntikan LPS 75 % dengan nilai aktivitas fagositosis sebesar 39.33%. Sementara itu pemberian LPS tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah sel darah merah ikan nila.
Kata Kunci: Lipopolisakarida (LPS), eritrosit, aktvitas fagositosis
Penulis: Sri Dwi Hastuti dan Ruslan Junaidi Karoror
Kode Jurnal: jpperikanandd070007
Share This :