Abstrak: Tulisan ini memaparkan tentang pentingnya feedback yang berkelanjutan dalam mendukung penilaian kinerja yang efektif. Banyak organisasi yang telah menerapkan penilaian kinerja untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sumber daya manusia yang dimiliki. Namun secara umum pelaksanaan penilaian kinerja hanya terfokus pada dokumen yang harus ada dalam penilaian kinerja agar organisasi memiliki dasar dalam melakukan tindakan terhadap karyawannya. Banyak informasi dan manfaat yang dapat diperoleh dari penilaian kinerja, baik oleh karyawan maupun organisasi, untuk pengembangan diri dan pengembangan organisasi. Sayangnya, informasi tersebut hanya menjadi dokumen sejarah yang tidak ada tindak lanjut sehingga banyak pihak yang kurang menyambut positif penilaian kinerja. Penilai dan yang dinilai tidak dapat merasakan manfaat dari adanya penilaian kinerja, justru mendapatkan perasaan tidak nyaman saat melakukan penilaian. Bagi yang dinilai, tidak merasakan manfaat setelah dilakukan penilaian atas dirinya karena tidak ada feedback setelah penilaian. Ia tidak mengetahui kinerja manakah yang seharusnya dipertahankan, diperbaiki dan ditingkatkan. Melalui tulisan ini, penulis mengajak organisasi untuk mengutamakan feedback yang berkelanjutan dalam proses penilaian kinerja. Tanpa feedback, proses penilaian kinerja tidak dapat berjalan efektif.
Kata Kunci: Penilaian kinerja, feedback, komunikasi
Penulis: Dewi Syarifah
Kode Jurnal: jppiodd120003
Share This :
comment 0 komentar
more_vert