HTML

Iklan

Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Stres Kerja Karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional dengan Stres Kerja Karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya
Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  antara  gaya  kepemimpinan transformasional dengan stres kerja karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan transformasional (X) dan stres kerja karyawan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang aktif  dan  telah  bekerja  sebagai  karyawan  di  PDAM  Surya  Sembada  Kota  Surabaya  minimal selama 15 bulan dengan pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat.Pengambilan sampel dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  cara  acak  sederhana  (simple  random  sampling).  Dalam penelitian ini yang menjadi sampel berjumlah 278 orang karyawan.
Gaya kepemimpinan transformasional dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan yang memotivasi  para  karyawan  untuk  mencapai  kinerja  di  luar  harapan  dengan mentransformasikan  sikap,  kepercayaan,  dan  nilai-nilai  para  karyawan  yang  bertentangan dengan  perolehan  kerelaan.  Stres  kerja  adalah  fungsi  dari  seberapa  menuntut  pekerjaan seseorang dan berapa banyak kontrol orang yang memiliki lebih dari tanggung jawab mereka sendiri. Pengukuran variabel gaya kepemimpinan transformasional menggunakan skala gaya kepemimpinan transformasional yang merupakan skala adaptasi milik A.E. Rafferty dan M.A. Griffin terdiri dari 15 item dan skala stres kerja karyawan yang merupakan skala adaptasi milik Guimaraes,  M.,  dkk  terdiri  dari  17  item.  Analisis  data  dilakukan  dengan  teknik  statistik spearman rank SPSS 11.5 for windows.
Berdasarkan  hasil  analisis  data  diperoleh nilai  koefisien  korelasi antara  gaya  kepemimpinan transformasional dengan stres kerja karyawan adalah sebesar -0,450 dengan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional dengan stres kerja karyawan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.
Kata Kunci: gaya kepemimpinan, kepemimpinan transformasional, stres kerja
Penulis: Wahyu Hamdani, Seger Handoyo
Kode Jurnal: jppiodd120014
Share This :