Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri antara siswa tuna rungu yang di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa. Penelitian dilakukan pada 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah inklusi dan 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah luar biasa di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan sampling jenuh. Alat pengumpul data berupa kuesioner penyesuaian diri 16 aitem yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik independent sample t-test melalui bantuan program SPSS versi 20.0 for Mac.Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi perbedaan antara penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa sebesar 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu yang berada di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa.
Kata kunci: penyesuaian diri, siswa tunarungu, sekolah inklusi, sekolah luar biasa
Penulis: Novan Adwiasa & Rr. Muryantinah MH., S.Psi., M.Psyh
Kode Jurnal: jppsikologiabnormaldd130001
Share This :
comment 0 komentar
more_vert