HTML

Iklan

Perbedaan Penyesuaian Diri Antara Siswa Tunarungu Di Sekolah Inklusi Dan Di Sekolah Luar Biasa

Perbedaan Penyesuaian Diri Antara Siswa Tunarungu Di Sekolah Inklusi Dan Di Sekolah Luar Biasa
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri antara siswa tuna rungu yang di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa. Penelitian dilakukan pada 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah inklusi dan 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah luar biasa di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan  adalah  random  sampling  dan  sampling  jenuh.  Alat  pengumpul  data  berupa kuesioner  penyesuaian  diri  16  aitem  yang  disusun  oleh  peneliti.  Analisis  data  dilakukan menggunakan teknik statistik independent sample t-test melalui bantuan program SPSS versi 20.0 for Mac.Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi perbedaan antara penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa sebesar 0,001. Hasil  ini  menunjukkan  bahwa ada perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu yang berada di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa.
Kata kunci: penyesuaian diri, siswa tunarungu, sekolah inklusi, sekolah luar biasa
Penulis: Novan Adwiasa & Rr. Muryantinah MH., S.Psi., M.Psyh
Kode Jurnal: jppsikologiabnormaldd130001
Share This :