Abstrak: Penelitian kali ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif eksploratori. Metode ini dipilih mengingat tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengeksplorasi atau menggali lebih dalam mengenai brand personality DerEksi menurut DetEksiholic sekaligus menggambarkan brand personality yang dimiliki dan dibentuk DetEksi secara lebih detail. Untuk itu penulis menggunakan focus group discussion (FGD) karena lebih bersifat interaktif dan membuka forum yang mendukung terungkapnya pandangan-pandangan yang tersembunyi. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis interaktif milik Miles and Huberman. Dari proses pengolahan data yang telah dilakukan, penelitian ini menghasilkan enam dimensi dan 18 sub dimensi brand personality, yaitu (1) Dimensi Sincerity dengan sub dimensi down to earth, honest, wholesome, dan cheerful, (2) Dimensi Excitement dengan sub dimensi daring, spirited, imaginative, up to date, informative, dan expressive, (3) Dimensi Competence dengan sub dimensi Reliable, Intelligent, dan Sucessfull (4) Dimensi Sophistication dengan sub dimensi upper class dan charming (5) Dimensi Ruggedness dengan sub dimensi outdoorsy dan tough, dan (6) Dimensi Other dengan sub dimensi flexibility.
Kata Kunci: brand personality, kualitatif
Penulis: Martiyana Julaika, Fajriyanthi
Kode Jurnal: jppiodd120001
Share This :
comment 0 komentar
more_vert