HTML

Iklan

Dinamika Tampilan Pertumbuhan, Faktor Kondisi dan Produksi Ikan Belida (Chitala lopis) di Waduk Riam Kanan, Kalsel

Dinamika Tampilan Pertumbuhan, Faktor Kondisi dan Produksi Ikan Belida (Chitala lopis) di Waduk Riam Kanan, Kalsel
Abstrak: Ikan belida adalah ikan air tawar yang memiliki arti penting, bernilai tinggi sebagai bahan pangan. Pertumbuhan ikan dipengaruhi oleh ketersediaan makanan yang berfluktuasi sepanjang tahun.  Studi ini dilakukan dengan tujuan memonitor dan membandingkan pertumbuhan ikan belida di Waduk Riam Kanan pada waktu yang berbeda sepanjang tahun serta mempelajari korelasi antara  pertumbuhan dengan produksi.
Metode: Studi dilakukan pada April, Juli, September dan Desember 2006.  Ikan dipilih secara random, kemudian dilakukan pengukuran panjang dan berat. Data produksi ikan diperoleh dari enumerator pada tempat pendaratan ikan. Tampilan pertumbuhan ”b” di hitung dengan rumus W = aXLb dan penghitungan faktor kondisi menggunakan rumus K = 105 x W (g)/(L(mm)3.Analisa data menggunakan paket komputer Excel dan SPSS versi 13.0 untuk menghitung analisa regresi dan koefisien korelasi. Pertumbuhan dibandingkan dan dilakukan Anova pada hubungan log panjang-berat untuk melihat perbedaan pertumbuhan antar bulan yang diamati.
Hasil: Tampilan pertumbuhan ikan belida berbeda sangat nyata (P<0,001) selama pengamatan.  Pertumbuhan  tertinggi pada Desember ((b = 3,347) diikuti Juli (b = 3,105), April (b = 3,009) dan September (b =2,747)). Nilai tampilan pertumbuhan memiliki trend positif dengan produksi ikan. Faktor kondisi tidak berpengaruhi pada berat basah, panjang total dan produksi ikan belida kecuali berat pada Desember secara significan berkorelasi dengan faktor kondisi. Faktor kondisi menunjukkan trend positif pada panjang dan berat namun tetap kostan dengan semakin meningkatnya produksi.
Kata kunci: tampilan pertumbuhan, dinamika, faktor kondisi, produksi ikan dan Riam Kanan
Penulis: Arif Wibowo, Subagja dan Safran Makmur
Kode Jurnal: jpperikanandd070010
Share This :