HTML

Iklan

Optimalisasi Pemberian Dosis Hormon Metiltestosteron Terhadap Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus)

Optimalisasi Pemberian Dosis Hormon Metiltestosteron Terhadap Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus)
ABSTRAK: Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menambah nilai ekonomis lobster air tawar adalah dengan mempercepat pertumbuhannya melalui pembalikan sex  menjadi monosex jantan. Umur yang terbaik dicapai pada umur larva 10 hari dengan tingkat keberhasilan 76,77%). Sedangkan untuk perlakuan pemberian dosis yang berbeda belum diketahui hasilnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis hormon metiltestosteron terhadap keberhasilan pembentukan monosex jantan lobster air tawar (Cherax quadricarinatus).
Metode: Penelitian ini dilaksanakan selama 72 hari, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Adapun perlakuan yang digunakan adalah hormon metiltestosteron dengan dosis yang berbeda, yaitu perlakuan A= 0 ppm B = 2 ppm, C = 4 ppm,  dan D = 6 ppm. Setiap perlakuan diulang tiga kali dan terdiri atas 100 ekor larva.
Hasil: Pemberian dosis hormon metiltestosteron yang berbeda berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kelulushidupan lobster air tawar, tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap keberhasilan pembentukan monosex jantan lobster air tawar. Persentase keberhasilan pembentukan monosex jantan yang terbaik adalah pada perlakuan 2 ppm yaitu dengan nilai sebesar 61,13%. Disarankan untuk menghasilkan monosex jantan pada lobster air tawar sebaiknya menggunakan dosis hormon metiltestosteron 2 ppm.
Kata kunci: Red Claw, hormon metiltestosteron, monosex
Penulis: Riza Rahman Hakim
Kode Jurnal: jpperikanandd070009
Share This :