HTML

Iklan

Identifikasi Ikan Segar Yang Dipilih Konsumen Beserta Kandungan Gizinya Pada Beberapa Pasar Tradisional di Kota Malang

Identifikasi Ikan Segar Yang Dipilih Konsumen Beserta Kandungan Gizinya Pada Beberapa Pasar Tradisional di Kota Malang
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis ikan yang banyak dipilih konsumen, mengetahui tingkat konsumsi ikan segar masyarakat kota Malang serta untuk mengetahui komposisi gizi dari beberapa jenis ikan segar yang paling disukai oleh konsumen di pasar tradisional kota Malang. Kontribusi penelitian secara umum adalah masyarakat dapat mengetahui komposisi gizi dari ikan segar yang dikonsumsi dan diharapkan masyarakat dapat meningkatkan konsumsi ikan segar sesuai dengan standar konsumsi ikan segar secara nasional.
Metoda: Penelitian ini dilakukan dengan metode survey pada tanggal 15 November sampai dengan 15 Desember 2005 di pasar tradisional kota Malang yang meliputi Pasar Klojen, Oro-oro Dowo, Dinoyo, Blimbing dan Pasar Besar Malang.
Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ikan-ikan segar yang paling banyak adalah ikan Mujair sebesar 510 kg (21,47%), ikan Meniran (kunir) 391 kg (16,46%) dan ikan Tongkol sebesar 340 kg (14,30%). Tingkat konsumsi ikan Mujair dan Tongkol tidak didapatkan perbedaan (P > 0,05) demikian juga antara ikan Mujair dan Meniran tidak didapatkan perbedaan (P > 0,05). Konsumsi ikan Meniran dengan ikan tongkol juga tidak didapatkan perbedaan (P > 0,05). Konsumsi gizi ikan Mujair adalah BK 20,49%, air 79,51%, protein kasar 10,05% dan lemak kasar 0,38%. Pada ikan Meniran Bahan Kering 20,52, air 79,48%, Protein kasar 8,84% dan Lemak Kasar 4,95%. Sedangkan pada ikan tongkol bahan kering 20,48%, air 79,52%, protein kasar 10,07% dan lemak kasar 5,1%.
Kata kunci: ikan segar, pasar tradisional,tongkol, meniran, mujair
Penulis: Sri Samsundari
Kode Jurnal: jpperikanandd070016
Share This :