HTML

Iklan

OPTIMASI PAKAN DENGAN LEVEL PROTEIN DAN ENERGI PROTEIN UNTUK PERTUMBUHAN CALON INDUK IKAN SENGGARINGAN (Mystus nigriceps)

OPTIMASI PAKAN DENGAN LEVEL PROTEIN DAN ENERGI PROTEIN UNTUK PERTUMBUHAN CALON INDUK IKAN SENGGARINGAN (Mystus nigriceps)
ABSTRAK: Pemanfaatan protein dan pakan akan efisien bila diimbangi oleh energi dalam jumlah cukup sehingga sebagian besar protein pakan digunakan untuk pertumbuhan. Kebutuhan protein dan rasio energi protein pada ikan senggaringan perlu dikaji untuk mendapatkan informasi kebutuhan optimum, karena tingkat efektifitasnya sangat dipengaruhi oleh jenis ikan, umur, ukuran ikan, kualitas protein pakan, kecernaan pakan dan kondisi lingkungan. Penelitian untuk mengevaluasi pengaruh level protein dan energi protein terhadap pertumbuhan calon induk ikan senggaringan (Mystus nigriceps) telah dilakukan. 
Metode: Perlakuan terdiri dari A 25% level protein dengan energi protein sebesar 18,0 kcal/g protein; B (30%;12,0) dan C (35%;13,9). Setiap perlakuan diulang lima kali.  Pemberian pakan dilakukan selama 35 hari. Ikan uji adalah ikan senggaringan yang diperoleh dari Sungai Klawing dengan bantuan nelayan. Ikan uji diadaptasikan selama 20 hari. Parameter utama yang diukur meliputi biomasa dan kelulus hidupan ikan. Kualitas air yang diamati adalah oksigen terlarut, pH dan suhu air.
Hasil: Berdasarkan bobot biomassa ikan, diperoleh hasil bahwa pakan B memberikan pertumbuhan yang paling baik. Kelangsungan hidup ikan relatif sama antar perlakuan. Untuk kandungan oksigen terlarut pada semua perlakuan 8-9 ppm, suhu :21-250C dan pH 6-7. Hal ini menunjukkan jumlah maupun jenis pakan yang diberikan cukup untuk mendukung kebutuhan pokok ikan bahkan dapat memberikan pertumbuhan. Keadaan ini didukung pula oleh kualitas air media yang cukup menunjang untuk kehidupan ikan.
Kata Kunci: Senggaringan, level protei,energi protein, pertumbuhan  
Penulis: Taufik Budhi Pramono, Dyahruri Sanjayasari dan P. Hary Tjahja Soedibya
Kode Jurnal: jpperikanandd070003
Share This :