HTML

Iklan

Pengaruh Penyuntikan Poly I:C terhadap Ekspresi Protein Yang Bertanggung Jawab Terhadap Sistem Kekebalan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatrus Von Martens)

Pengaruh Penyuntikan Poly I:C terhadap Ekspresi Protein Yang Bertanggung Jawab Terhadap Sistem Kekebalan Lobster Air Tawar  (Cherax quadricarinatrus Von Martens)
Abstraksi: Lobster air tawar (Cherax quadricarinatrus Von Martens) merupakan hewan akuatik yang bayak dibudidayakan di beberapa negara. Dalam kegiatan budidaya hewan akuatik, resiko serangan penyakit seringkali muncul dan sampai saat ini belum bisa diatasi secara tuntas. Oleh karena itulah pemahaman yang mendalam terhadap sistem kekebalan redclaw sangat berguna dalam upaya dan strategi penanggulangan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuntikan Poly I:C terhadap ekspresi protein yang bertanggung jawab terhadap sistem kekebalan lobster air tawar misalnya Mx protein.
Metode: Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan materi uji berupa lobster air tawar berukuran 13-20 gram yang disuntik dengan Poly I:C atau Phosfat Buffer Saline (PBS) sebagai pembanding dengan dosis 2 mg/ml per ekor lobster air tawar dan diambil hemosit dan hepatopankreasnya.
Hasil: Hasil elektroforesis hemosit mendeteksi bahwa ada protein dengan berat molekul 31-45 kDa yang kemungkinan adalah  Lypopolisacharrides and β-1,3-glucan Binding Protein (LGBP). Sementara elektroforesis hepatopankreas menunjukkan ekspresi protein yang ditunjukkan oleh band yang berada pada berat molekul tepat dibawah 66.2 kDa. Protein yang dimaksud kemungkinan merupakan famili dari Mx protein yang mempunyai aktivitas antivirus.
Kata kunci: poly i:c, hemosit, lypopolisacharrides and β-1,3-glucan binding protein (lgbp), mx protein
Penulis: Sri Dwi Hastuti
Kode Jurnal: jpperikanandd070004
Share This :