HTML

Iklan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
ABSTRAK:  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengungkapkan  perbedaan peningkatan  kemampuan  berpikir  kritis  siswa  berdasarkan    pendekatan matematika  realistik  dengan  pembelajaran  biasa.  Jenis  penelitian  adalah quasi-ekperimen.  Populasi  penelitian  adalah  siswa  SMP  di  Kota  Medan, dengan sampel siswa kelas VIII  yang diambil secara acak kelas dari sekolah peringkat  tinggi,  sedang  dan  rendah  berdasarkan  perolehan  nilai  Ujian Nasional  Tahun  2008  yang  dikeluarkan  Diknas.  Instrumen  penelitian  terdiri dari  tes  berpikir  kritis  matematika  bentuk  uraian.  Analisis  data  dengan menggunakan  teknik  deskriptif  kualitatif,  Mann-Whitney  U,  uji-T,  ANOVA dan  uji Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan peningkatan  kemampuan  berpikir  kritis  siswa  antara  yang  diberi  pendekatan matematika  realistik  dengan  pembelajaran  biasa,  2)  terdapat  perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan peringkat sekolah, 3)  terdapat    perbedaan  peningkatan  kemampuan  berpikir  kritis  siswa berdasarkan  gender,  4)  tidak  terdapat  interaksi  antara  pendekatan pembelajaran  dengan  peringkat  sekolah  terhadap  peningkatan  kemampuan berpikir  kritis  siswa,  5)  tidak  terdapat  interaksi  antara  pendekatan pembelajaran dengan gender terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa,  dan  6)  siswa  memiliki  respon  yang  positif  terhadap  pembelajaran matematika  realistik.  Secara  umum,  melalui  pembelajaran  matematika realistik  dapat  meningkatkan  kemampuan  berpikir  kritis  siswa.  Dengan demikian,  yang  menjadi  saran  atas  hasil  penelitian  ini  adalah  pembelajaran matematika  dengan  pendekatan  matematika  realistik  dapat diimplementasikan  dalam  upaya  meningkatkan  kemampuan  berpikir  kritis siswa dengan tidak harus membedakan peringkat sekolah dan gender.
Kata kunci: berpikir, kritis, pembelajaran, matematika, realistic
Penulis: Hasratuddin
Kode Jurnal: jpmatematikadd100014
Share This :