HTML

Iklan

PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1O PALEMBANG

PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN-ENDED MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH  MENENGAH PERTAMA NEGERI 1O PALEMBANG
Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk:  (1)  untuk  menghasilkan  soal-soal  open-ended  yang  valid  dan  praktis  pada  materi  lingkaran  di  SMP;  (2)  untuk melihat  efek  potensial  soal-soal  open-ended  terhadap  penalaran matematika  siswa  pada  materi  lingkaran  di  SMP.  Penelitian  ini merupakan  penelitian  pengembangan  (development  research).  Subjek penelitian  adalah  siswa  kelas  VIII.2    SMP  Negeri  10  Palembang sebanyak  35  orang.  Pengumpulan  data  menggunakan  wawancara, analisis  dokumen,  dan  tes  soal  open-ended.  Semua  data  yang dikumpulkan  dianalisis  secara  deskriptif  kualitatif.  Hasil  analisis  data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal  open-ended  materi  lingkaran    untuk  siswa  kelas  VIII  SMP  yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator, dimana semua  validator  menyatakan  sudah  baik  berdasarkan  content,  konstruk, dan bahasa.  Selain itu kevalidan soal  open-ended ini tergambar setelah dilakukan  analisis  validasi  butir  soal  pada  siswa  small  group.  Praktis tergambar  dari  hasil  uji  coba  small  group  dimana  sebagian  besar  siswa dapat menyelesaikan soal open-ended yang diberikan. (2) prototype soal open-ended   yang  dikembangkan  memilki  efek  potensial  yang  positif terhadap  penalaran  siswa  ,  hal  ini  terlihat  dengan  munculnya  beragam solusi jawaban siswa, dan  pada tes pertama siswa berkategori baik dan sangat  baik  berjumlah  29  siswa,  sedangkan  pada  tes  kedua  siswa berkategori baik dan sangat baik berjumlah 26 siswa.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Soal Open-Ended, Lingkaran
Penulis: Devi Emilya, Darmawijoyo, Ratu Ilma Indra Putri
Kode Jurnal: jpmatematikadd100015
Share This :