HTML

Iklan

MIMPI DALAM KACA MATA PSIKOLOGI

MIMPI DALAM KACA MATA PSIKOLOGI
Ada beberapa makna mimpi dalam kaca mata psikologi. Mimpi telah menjadi sesuatu yang membingungkan bagi umat manusia sejak awal peradaban hingga saat ini. Otak juga berperan dalam mimpi yang terjadi mulai dari mimpi yang rumit hingga sederhana. Dalam Interpretation of Dream, Freud menjadikan mimpi sebagai obyek riset psikoanalisis untuk mengatasi gangguan-gangguan neurosis pada pasiennya. Dengan karyanya ini, Freud mulai diperhitungkan perannya dalam dunia psikologi. Tidak sedikit yang dipengaruhinya, diantaranya C.G. Jung, Alfred Adler yang kemudian bergabung dibawah naungan psikoanalisis Freud, meski tidak berlangsung lama. Bahkan, banyak ahli psikoterapi yang menekankan pentingnya analisa mimpi.
Menurut Freud, mimpi adalah penghubung antara kondisi bangun dan tidur. Baginya, mimpi adalah ekspresi yang terdistorsi atau yang sebenarnya dari keinginan-keinginan yang terlarang diungkapkan dalam keadaan terjaga.
Pada dasarnya hakikat mimpi bagi psikoanalisis hanyalah sebentuk pemenuhan keinginan terlarang semata. Dikatakan oleh Freud (dalam Calvin S.Hal & Gardner Lindzaey, 1998) bahwa dengan mimpi, seseorang secara tak sadar berusaha memenuhi hasrat dan menghilangkan ketegangan dengan menciptakan gambaran tentang tujuan yang diinginkan, karena di alam nyata sulit bagi kita untuk mrengungkapkan kekesalan, keresahan, kemarahan, dendam, dan yang sejenisnya kepada obyek-obyek yang menjadi sumber rasa marah, maka muncullah dalam keinginan itu dalam bentuk mimpi.
Psikolog Patricia Garfield, seorang peneliti mimpi terkemuka dan salah seorang pendiri Association for the Study of Dreams, mengidentifikasi beberapa pola dasar mimpi yang muncul di seluruh dunia. Dia menjelaskan hal tersebut dalam bukunya The Universal Dream Key.
Dilansir dari Howstuffworks, Rabu (28/7/2010), berikut beberapa arti mimpi secara ilmu psikologi:
Mimpi dikejar-kejar atau diserang
Mimpi dikejar atau diserang merupakan mimpi buruk yang paling umum terjadi.
Bila Anda mimpi dikejar atau diserang oleh orang atau binatang liar, bisa diartikan bahwa Anda merasa terancam oleh seseorang atau bahkan oleh emosi Anda sendiri yang sangat kuat. Anda merasa takut, sehingga kadang otak Anda dapat memutar ulang peristiwa nyata dalam kehidupan Anda.
Mimpi gagal tes atau kinerja buruk
Ini adalah mimpi buruk yang cukup umum, bahkan bagi orang yang sudah lama lulus dari sekolah. Ini biasanya terjadi bila Anda sedang merasa 'diuji' dalam kehidupan sebenarnya.
Mimpi jatuh atau tenggelam
Jatuh juga merupakan salah satu mimpi yang paling umum terjadi, tapi untuk tenggelam tidak terlalu banyak terjadi.
Mimpi jatuh sering berarti Anda merasa tidak aman atau seolah-olah tidak memiliki dukungan. Sedangkan mimpi tenggelam sering terjadi ketika Anda merasa kewalahan karena memiliki terlalu banyak hal yang harus dilakukan hingga akhirnya menyerah.
Mimpi telanjang
Mimpi telanjang namun cuma anda yang tau maka mimpi tafsir nya juga bisa di jelaskan secara psikologis yaitu ketakutan yang anda rasakan terhadap apa yang anda rahasiakan takut terbongkar karena anda menyadari bahwa anda terlalu terbuka. Pada umumnya mimpi tersebut timbul karena dalam kehidupan anda telah ada perubahan misalkan naik pangkat, dapat pacar atau pasangan, dan lainnya. Dan saat itu anda masih belum siap menghadapinya.
Mimpi ketinggalan kapal atau pesawat
Ada beberapa orang yang sering mengalami mimpi ini tapi ada pula yang jarang mengalaminya. Mimpi ini berarti bahwa Anda telah kehilangan beberapa kesempatan dalam hidup Anda, baik yang sudah terlambat atau tidak dapat Anda lakukan.
Share This :