HTML

Iklan

PENERAPAN METODE GOAL PROGRAMMING UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI TEH (STUDI KASUS: PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV – PABRIK TEH BAH BUTONG)

PENERAPAN METODE GOAL PROGRAMMING UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI TEH (STUDI KASUS: PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV – PABRIK TEH BAH BUTONG)
ABSTRACT: PT Perkebunan Nusantara IV adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan dengan komoditas antara lain sawit, teh, kakao, karet,  dan kina. Dalam hal ini penulis mengkhususkan penelitian pada hasil produksi teh olahan di salah satu pabrik teh yang berlokasi di Bah Butong. Penelitian ini membahas pengoptimalan produksi teh dengan menggunakan metode goal programming. Ada 15 jenis produk yang dihasilkan oleh Pabrik Teh Bah Butong, tetapi hanya 13 yang diproduksi pada tahun 2011 dan yang dipilih sebanyak 8 produk yang bersaing di pasar sebagai objek penelitian. Dari hasil penelitian dengan penerapan metode goal programming ini diperoleh deviasi total pendapatan langsung sebesar Rp 435.845.776,00 atau 0,74 % melebihi target yang diramalkan, jumlah produksi untuk 7 produk, antara lain BOP, BOP.F, PF, DUST, BT.II, FAN.II, RBO sesuai dengan target dan satu produk tipe PF.II yang mengalami penyimpangan, dan jumlah waktu kerja melampaui target yang ditetapkan sehingga perlu menambah jam kerja.
Penulis: Elikson Damanik, Parapat Gultom, Esther S. M. Nababan
Kode Jurnal: jpmatematikadd130050
Share This :