HTML

Iklan

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA SMP
Abstrak:  Kemampuan  berpikir  kritis  matematis,  dan  sikap  positif  siswa terhadap matematika merupakan komponen penting yang harus dimiliki oleh seorang  siswa,  sehingga  dengan  memiliki  kemampuan  ini  akan  membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika, maupun masalah sehari-hari. Salah  satu  cara  mengembangkan  kemampuan  ini  adalah  dengan pembelajaran  berbasis  masalah  dengan  strategi  konflik  kognitif  (PBLKK). PBLKK  merupakan  pembelajaran  yang  berdasarkan  masalah,  dimana  pada masalah  yang  dikemukakan  terdapat  fakta,  keadaan,  situasi  yang mempertentangkan  struktur  kognisi  siswa.  Dalam  situasi  ini  terjadi  konflik antara  pengetahuan  yang  dimiliki  siswa  dengan  situasi  yang  sengaja disediakan.  Permasalahan  utama  dalam  penelitian  ini  adalah  bagaimana kemampuan  berpikir  kritis  matematis  dan  sikap  siswa  SMP  kelas  VIII  Palu berdasarkan  model  pembelajaran,  PAM  siswa,  dan  level  sekolah.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa  SMP  kelas  VIII  di  kota  Palu.  Instrumen  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  meliputi  tes  kemampuan  matematika,  nilai  rapor,  tes kemampuan  berpikir  kritis  matematis,  skala  sikap  siswa  terhadap matematika.  Tujuan  dari  penelitian  yang  akan  dilakukan  adalah:  mengkaji dan  menganalisis  perbedaan  kemampuan  berpikir  kritis  matematis,  sikap siswa  siswa  yang  menerima  pembelajaran  berbasis  masalah  dengan  strategi konflik  kognitif  (PBLKK)  dan  pembelajaran  konvensional  (KV)  ditinjau dari:  a)  keseluruhan,  pengetahuan  awal  siswa  (tinggi,  sedang,  dan  rendah), dan level sekolah. 
Kata Kunci: PBL, konflik kognitif, berpikir kritis matematis, sikap, PAM, level sekolah
Penulis: Dasa Ismaimuza
Kode Jurnal: jpmatematikadd100025
Share This :