HTML

Iklan

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MENGGUNAKAN RANGKAIAN LISTRIK SERI-PARALEL UNTUK MENGAJARKAN LOGIKA MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG

PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MENGGUNAKAN RANGKAIAN LISTRIK SERI-PARALEL UNTUK MENGAJARKAN LOGIKA MATEMATIKA  DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendapatkan produk berupa alat peraga yang valid  dan  praktis  yang  dapat  digunakan  dalam  mengajarkan  materi  logika  matematika  (2) melihat  efek  potensial  alat  peraga  terhadap  keaktifan  siswa  dalam  pembelajaran  logika matematika.    (3)  melihat  efek  potensial  alat  peraga  terhadap  hasil  belajar  siswa  dalam pembelajaran  logika  matematika.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan (development  research).  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  X  TKJ  1  SMK  Negeri  2 Palembang sebanyak 39 orang. Pengumpulan data berupa  observasi, dan tes. Semua data yang  dikumpulkan  dianalisis  secara  deskriptif  kualitatif.  Hasil  analisis  data  menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan produk berupa alat peraga yang valid dan praktis. (2) alat peraga   yang dikembangkan memiliki efek potensial yang positif terhadap keaktifan, dan (3) alat peraga tersebut memiliki efek positif terhadap hasil belajar siswa , hal ini terlihat dengan  adanya  korelasi  yang  cukup  positif  antara  keaktifan  dengan  hasil  belajar,  dan  nilai ketuntasan siswa mencapai  78,38 %.
Kata kunci:  Penelitian Pengembangan, Alat Peraga Rangkaian Listrik Sseri-Paralel, Logika Matematika
Penulis: Eni Yulianti, Zulkardi, dan Rusdy A Siroj
Kode Jurnal: jpmatematikadd100024
Share This :