HTML

Iklan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOKBAHASAN DIMENSI TIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS XI TKJ 1 SMKN 2 PALEMBANG

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOKBAHASAN DIMENSI TIGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS XI TKJ 1 SMKN 2 PALEMBANG
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle  di  kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN  2 Palembang  tahun  ajaran  2009/2010.  Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan  pembelajaran  dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan.  Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang.  Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %.  Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar  sebesar  11,67  dan  peningkatan  ketuntasan  belajar  secara  klasikal  sebesar  17,50  %.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  model  pembelajaran  Learning  Cycle dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dalam  menyelesaikan  soal-soal  aplikasi  pada  pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010.
Kata kunci: Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas
Penulis: Elis Sulastri, Yusuf Hartono, dan Ratu Ilma Indra Putri
Kode Jurnal: jpmatematikadd100023
Share This :