HTML

Iklan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 27 PALEMBANG

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 27 PALEMBANG
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  matematika  siswa  pada  pokok  bahasan  bangun  ruang  sisi  datar  siswa  kelas  VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang melalui  penerapan model pembelajaran investigasi  kelompok.  Penelitian  ini  melibatkan  kelas  VIII-4  dengan  jumlah  siswa  38  orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam dua siklus,  siklus  pertama  berkaitan  dengan  materi  kubus  dan  balok,  hasil  tes  siklus  pertama,  rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 66 sudah di atas nilai KKM 60, tapi hanya 18 siswa yang mendapat nilai 60 artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 60%. Siklus kedua berkaitan dengan materi prisma dan limas, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 76 sudah di atas nilai KKM 60 dan siswa yang mendapat nilai 60 sudah mencapai 89%, artinya sudah tuntas secara klasikal.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang dapat ditingkatkan melalui  penerapan model pembelajaran investigasi kelompok.
Kata kunci: Investigasi kelompok, kemampuan pemecahan masalah
Penulis: Lela Anggraini, Rusdy A. Siroj, dan Ratu Ilma Indra Putri
Kode Jurnal: jpmatematikadd100022
Share This :