HTML

Iklan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PER ANTARA SAHAM YANG TERCATAT DALAM INDEX SYARIAH DAN SAHAM BIASA (Studi pada Perusahaan Non Keuangan di Bursa Efek Indonesia 2006 -2008)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PER ANTARA SAHAM YANG TERCATAT DALAM INDEX SYARIAH DAN SAHAM BIASA (Studi pada Perusahaan Non Keuangan di Bursa Efek Indonesia 2006 -2008)
Abstrak: Price Earning Ratio (PER) menunjukkan seberapa besar pemodal menilai harga saham terhadap kelipatan dari earnings. PER yang tinggi menunjukkan pemodal berpikir bahwa perusahaannya memiliki kesempatan berkembang yang bagus, oleh sebab itu faktor-faktor yang menentukan PER menjadi sangat penting bagi pemodal dalam membuat keputusan investasi. Penelitian ini menguji pengaruh current ratio, debt to equity ratio, return to equity, net profit margin, dividend payout ratio, dan inventory turn over pada PER antara saham yang tercatat dalam index syariah dan saham biasa pada perusahaan non-keuangan di Bursa Efek Indonesia (IDX). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 38 saham yang tercatat dalam IDX dan dari 10 perusahaan yang tercatat dalam Jakarta Islamic Index (JII). Data dianalisis menggunakan model regresi dan chow test. Hasil menunjukkan bahwa return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap PER. Koefisien ini terbalik dengan ekspektasi. Hal ini mungkin disebabkan fakta bahwa PER dapat meningkat karena penurunan laba akan tetapi bukan dari kenaikan harga saham. Hasil lain adalah adanya perbedaan koefisien regresi antara saham yang tercatat di syariah index dan saham biasa.
Kata Kunci: price earning ratio, current ratio, debt to equity ratio, return on equity, net profit margin, dividend payout ratio, dan inventory turn over
Penulis: Ratnaningrum, Heni Susilowati
Kode Jurnal: jpmanajemendd100055
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini.... >>> KLIK DISINI <<<
Atau download gratis di bawah ini:
Share This :