HTML

Iklan

KAJIAN PENERAPAN HOUSE OF QUALITY (HOQ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN: Studi di GMC Health Center Yogyakarta

KAJIAN PENERAPAN HOUSE OF QUALITY (HOQ) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KESEHATAN: Studi di GMC Health Center Yogyakarta
ABSTRAK:GMC adalah badan pengelola kesehatan yang menjamin kesehatan  civitas akademika yang harus melakukan perbaikan terus menerus. Quality Function Deployment (QFD) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur Total Quality Management (TQM) melalui matriks yang disebut House Of Quality (HOQ). Outcome dari HOQ yang terbentuk dapat digunakan untuk perbaikan bagi Pihak Manajemen GMC. Tujuan Penelitian ntuk mengkaji penerapan QFD melalui desain HOQ  yang merupakan bagian dari TQM untuk meningkatkan kualitas layanan GMC.  Lokasi Penelitian adalah GMC Health Center Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 sampel yaitu pelanggan eksternal yang berjumlah 100 dan pelanggan internal yang berjumlah 10. Penelitian dengan desain House  of  Quality  didahului  dengan  servqual,  dilanjutkan  dengan  wawancara  dengan  top  manager  kemudian pembentukan house of Quality dan analisa House of Quality.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat tiga aspek yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki oleh Pihak GMC yaitu Aspek Pelayanan Kefarmasian yang meliputi 4 atribut dengan gap tertinggi yaitu kelengkapan persediaan obaobatan  6,21  sedangkan  ketersediaan  apoteker  yang  merupakan  tumtutan  konsumen  dijawab  oleh  pihak manajemen GMC dengan nilai tingkat kesulitan yang tinggi. Dilihat dari nilai relative weight and percent 106,61 dapat disimpulkan  bahwa  pengadaan  apoteker  mempunyai  nilai  tertinggi  atas  harapan  konsumen.dalam  aspek kefarmasian. Aspek Lain yang perlu diperbaiki adalah keramahan dan ketanggapan serta aspek waktu.Dimensi emphaty dalam hal ini pelayanan yang sopan,ramah dan kompeten merupakan nilai tertinggi pada technical descriptors yaitu 538,397 yang dapat dilakukan pihak GMC untuk memenuhi tuntutan konsumen dalam semua aspek. Kendala sistemik dalam menerapkan House of Quality yang telah terbentuk adalah keterbatasan dana dan keterbatasan SDM. 
Kata Kunci: Service Quality, Total Quality Management, Quality Function Deployment, House Of Quality
Penulis: Yurista Septiani Dew1, Achmad Purnomo, Edi Prasetyo Nugroho 
Kode Jurnal: jpfarmasidd110010
Share This :