HTML

Iklan

PENGERTIAN ANTROPOLOGI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN ANTROPOLOGI MENURUT PARA AHLI
Pengertian antropologi menurut para ahli. Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata.
Secara etimologi, kata Antropologi berasal dari bahasa yunani, yaitu antropos dan logos. Antropos artinya manusia, sedangkan logos berarti ilmu. Jadi secara harfiah antrofologi adalah ilmu tentang manusia.
Antropologi adalah semua hal tentang manusia, dan merupakan tanggung jawab antropologi untuk menjelaskan semua cerita tentang manusia, dari segi yang baik maupun dari segi yang buruk. Antropologi tidak hanya terpaku pada sebagian kelompok orang tetapi mencakup semua manusia, bukan hanya dari satu aspek melainkan dari segala aspek (Leonard Siregar, “Antropologi dan Konsep Kebudayaan”). Namun,  antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.
Antropologi tergolong ilmu yang masih muda, karena antropologi lahir sekitar pada abad ke-19.Objek dari antropologi adalah manusia di dalam suatu masyarakat suku bangsa, kebudayaan, dan perilakunya. Segi yang paling menonjol dari antropologi ialah pendekatan secara menyeluruh yang di lakukan terhadap manusia. Para ahli antropologi tidak hanya mempelajari bermacam-macam jenis manusia, namun juga mempelajari semua aspek pengalaman manusia. Seperti sejarah daerah, lingkungan hidup, cara kehidupan keluarga, pola pemukiman, sistem politik dan ekonomi, agama, gaya kesenian, cara berpakaian, serta bahasa dari kelompok manusia tersebut.
Dalam tinjauan antropologi, manusia dapat di lihat dari 2 segi:
  1. Manusia sebagai mahluk biologi atau organik
  2. Manusia sebagai mahluk sosial dan berbudaya.
MENURUT KOENTJARANINGRAT
Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
MENURUT DAVID HUNTER
Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.
MENURUT WILLIAM A. HAVILAND
Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
Share This :