HTML

Iklan

Selasa Depan Lima Pengacara akan Kunjungi Mursi di Penjara

Selasa Depan Lima Pengacara akan Kunjungi Mursi di Penjara
JIKA presiden Mesir terguling Muhammad Mursi setuju menunjuk pengacara untuk membela dirinya di pengadilan bukan berarti langkah ini menunjukkan Mursi mengakui legitimasi pengadilan, seorang pengacara senior mengatakan.
“Jika dia setuju untuk menunjuk tim pembela bukan berarti ia mengakui persidangan atau legitimasi konstitusionalnya,” kata pengacara Muhammad Al-Damati kepada kantor berita Anadolu.
“Tim pembela berpendapat bahwa pengadilan tidak memiliki yurisdiksi untuk meninjau kembali kasus itu,” tambahnya.
Berdasarkan konstitusi tahun 2012, presiden hanya dapat diadili di pengadilan khusus yang dipimpin oleh ketua Dewan Peradilan Agung dan hakim seniot.
Al-Damati bersama dengan empat pengacara lainnya termasuk Usamah anak Mursi, akan mengunjungi presiden terguling itu pada Selasa depan di penjara Borg al-Arab Alexandria .
“Kami akan mencoba untuk meyakinkan dia untuk menunjuk tim pembela jika pengadilan menuntut agar dia didampingi pengacara,” ujar Al-Damati.
Mursi diterbangkan ke penjara keamanan maksimum pekan lalu setelah muncul di pengadilan dengan tujuh terdakwa lainnya untuk menjawab tuduhan bahwa ia telah menghasut pembunuhan demonstran tahun lalu.
Mursi sejak awal telah menolak untuk mengakui legitimasi pengadilan dan sejauh ini menolak perwakilan hukum formal.
Namun berdasarkan undang-undang, pengadilan harus menyediakan pengacara bagi terdakwa yang menghadapi tuntutan pidana.(islampos)
www.islampos.com
Share This :