HTML

Iklan

FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI BLU RSUP PROF.DR. R.D. KANDOU MANADO

FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA JAMKESMAS DI BLU RSUP PROF.DR. R.D. KANDOU MANADO
ABSTRAK: Kualilitas  pelayanan  banyak  mendapat  perhatian,  untuk  menilai  kualitas  pelayanan  tercakup  dalam  5 dimensi  kualitas,  yaitu  keandalan  (Reability),  daya  tanggap  (Responsiveness),  jaminan  (Assurance),  empati (Amphaty),  dan  sarana  fisik  (Tangible).Kepuasan  pasien  tergantung  pada  kualitas  pelayanan.  RSUP.  Dr.  R.D. Kandou  Manado  adalah  salah  satu  rumah  sakit  yang  berusaha  memaksimalkan  serta  memuaskan  harapan  dan kebutuhan  pasien,  melalui  pelayanan  kesehatan  yang  efektif.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui apakah  kehandalan  dalam  pelayanan,  daya  tanggap,  jaminan,  empati,  sarana  fisik  berpengaruh  terhadap kepuasan  pasien  rawat  inap  peserta  JAMKESMAS.  Penelitian  menggunakan  metode  kualitatif  dimana  data diperoleh  dari  responden.  Analisis  yang  digunakan  penelitian  ini  adalah  regresi  linier  berganda.Penelitian  ini menunjukan item-item yang berpengaruh adalah kehandalan, daya tanggap, dan empati, sedangkan jaminan dan sarana  fisik  tidak  berpengaruh  terhadap  kepuasan  pasien  rawat  inap.  Untuk  meningkatkan  kepuasan  pasien hendaknya  pihak  rumah  sakit  memberikan  perhatian  berupa,  meningkatkan  pelayanan  kepada  pasien  dalam memberikan pelayanan yang maksimal serta memberi kepercayaan pada pasien. 
Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen
Penulis: Rolando Jacobis
Kode Jurnal: jpmanajemendd130255
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini.... >>> KLIK DISINI <<<
Atau download gratis di bawah ini:
Share This :