HTML

Iklan

GEJALA-GEJALA ANEMIA

GEJALA-GEJALA ANEMIA
Gejala-Gejala Anemia Dalam Tinjauan Medis dapat dikenali dengan pemeriksaan tertentu. Seseorang disebut anemia bila ia memiliki jumlah darah yang rendah. Lebih tepatnya, tanda-tanda anemia terlihat pada orang yang memiliki jumlah darah yang rendah, terutama pada komponen yang disebut hemoglobin. Anemia dapat dipicu stres, faktor keturunan atau gangguan lainnya.
Namun, tak banyak orang menyadari bahwa dirinya terkena anemia, terutama anemia defisiensi zat besi. Hal itu, menurut Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, FINASIM, dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), karena gejala anemia baru muncul ketika tubuh sudah sangat kekurangan zat besi. “Bahkan kadang juga tidak ada gejala yang khas,” katanya.
Periksa warna kulit. Apakah warna kulit terlihat sangat pucat? Meskipun memiliki kulit yang berwarna gelap, bibir dan penampakan kulit Anda mungkin terlihat pucat.
Gejala umum anemia yang lain adalah sering merasa lelah dan mudah tersinggung. Apakah Anda mengalaminya?
Tanyakan pada diri sendiri apakah sering mengalami sakit kepala atau kehilangan nafsu makan. Ini merupakan tanda-tanda awal anemia.
Bagian dalam kelopak mata berwarna pucat, bibir pucat, lidah, kulit serta telapak tangan pucat.
Apakah Anda mengalami sesak napas? Sel darah merah merupakan bagian penting dalam proses pernapasan. Anda bisa mengalami sesak napas jika menderita anemia sedang atau berat.
Adanya rasa dingin pada ekstremitas. Telapak tangan dan telapak kaki bisa mengalami kedinginan yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk akibat anemia.
Anak-anak dengan anemia sel sabit lebih rentan terhadap infeksi seperti radang paru-paru, atau infeksi paru-paru, osteomyelitis atau tulang infeksi atau infeksi meningitis atau otak.
Kaki borok juga dapat dilihat di penderita anemia sel sabit. Borok biasanya mengembangkan dekat dengan pergelangan kaki. Kaki borok sering berkembang setelah infeksi kulit atau cedera.
Pertumbuhan atau ditunda pertumbuhan pada anak-anak dengan hemolisis anemia.
Dan yang terakhir tapi yang paling sering terjadi adalah: Apakah anda sering mengalami 5 L (lelah letih loyo lupa lalai)? Bila iya, berarti iya. Segeralah bertobat.
Share This :