HTML

Iklan

PENGERTIAN TOXOPLASMA

PENGERTIAN TOXOPLASMA
Pengertian Toxoplasma adalah Penyakit yang disebabkan oleh Toxoplasma gondii. Dapat menyerang segala jenis hewan herbivora; carnivora, omnivora maupun manusia. Siklus perkembang biakan sexualnya hanya terjadi di dalam USUS KUCING maka KUCING SEBAGAI INDUK SEMANG TETAP atau HOSPES DIFINITIF.
Infeksi paling umum didapat dari kontak dengan kucing-kucing dan feces mereka atau daging mentah atau yang kurang masak. Toxoplasma yang disertai gejala ringan, mirip gejala influenza, bisa timbul rasa lelah, malaise, demam, dan umumnya tidak menimbulkan masalah.
Infeksi Toxoplasma berbahaya bila terjadi saat ibu sedang hamil atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu (misalnya penderita AIDS, pasien transpalasi organ yang mendapatkan obat penekan respon imun).
Jika wanita hamil terinfeksi Toxoplasma maka akibat yang dapat terjadi adalah abortus spontan atau keguguran (4%), lahir mati (3%) atau bayi menderita Toxoplasmosis bawaan. pada Toxoplasmosis bawaan, gejala dapat muncul setelah dewasa, misalnya kelinan mata dan atelinga, retardasi mental, kejang-kejang dn ensefalitis.
Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Risiko Mendapatkan Toxo
Situasi-situasi berikut berpotensi memaparkan seseorang pada parasit toxoplasma dan meningkatkan risiko memperoleh toxoplasmosis:
  • Menyentuh tangan-tangan anda pada mulut anda setelah berkebun, membersihkan tempat kucing buang air besar, atau apa saja yang bersentuhan dengan feces kucing
  • Memakan daging mentah atau yang kurang masak, terutama daging babi, daging kambing, atau daging rusa
  • Menyentuh tangan-tangan anda pada mulut anda setelah kontak dengan daging mentah atau setengah matang
  • Transplantasi organ atau transfusi (ini adalah jarang)
Gejala gejala yang dialami oleh seseorang yang mengidap Toksoplasma
80 – 90 % orang normal tidak menunjukkan gejala. hanya 10-20 persen menunjukkan gejala. Pada orang dewasa toksoplasma biasanya menimbulkan gejala berupa:
  1. Rasa lelah
  2. Flu
  3. Nyeri kepala
  4. Sakit tenggorokan
  5. Demam
  6. Pembesaran kelenjar getah bening termasuk hati serta limpa
  7. Gangguan pada kulit
Gejalanya biasanya ringan dan sembuh sendiri dalam beberapa bulan. kebanyakan orang akan menganggap bahwa dia terkena flu ringan dan tidak perlu pergi ke dokter. kalau toh pergi juga, dokter pun sangat jarang yang berpikir kearah infeksi toksoplasma.
Pencegahannya sebagai berikut:
  1. Memasak daging hingga matang untuk meminimalkan parasit toxoplasma.
  2. Menghindari kontak langsung dengan tanah yang berpotensi sebagai tempat ookista
  3. Hindari kontaminasi silang antara bahan mentah dengan bahan makanan yang telah matang.
  4. Membiasakan mencuci sayur dan buah yang akan dikonsumsi.
  5. Membersihkan tangan dengan sabun setelah mempersiapakan daging mentah untuk dimasak.
  6. Membuang feses kucing dari kandang kucing setiap hari untuk mencegah ookista sporulasi.
  7. Melakukan disinfeksi kandang kucing dengan menggunakan air mendidih.
  8. Tidak memberikan kucing daging mentah.
Pengobatannya sebagai berikut:
Pyrimethamine dengan trisulfapyrimidine.Dosis pyrimethamine ialah 25-50 mg per hari selama sebulan dan trisulfapyrimidine dengan dosis 2.000-6.000 mg sehari sebulan. Karena efek samping obat tadi ialah leukopenia dan trombositopenia, maka dianjurkan untuk menambahkan asam folat dan yeast selama pengobatan.
Spiramycin. Dosis spiramycin yang dianjurkan ialah 2-4 gram sehari yang di bagi dalam 2 atau 4 kali pemberian. Dianjurkan pengobatan wanita hamil trimester pertama dengan spiramycin 2-3 gram sehari selama seminggu atau 3 minggu kemudian disusul 2 minggu tanpa obat. Demikian berselang seling sampai sembuh.
Share This :