Abstrak: Tantangan utama yang dihadapi dunia pendidikan sekarang ini dan untuk masa yang akan datang adalah bagaimana mempersiapkan sumberdaya pelaksana pembangunan yang berkualitas, bukan saja yang mampu dan terampil melakukan pekerjaan, tetapi yang juga mempunyai inovasi dan kreativitas tinggi, serta mempunyai daya analisis dan pandangan jauh ke depan. Diperlukan berbagai unsur penunjang agar tuntutan dan tantangan tersebut bisa terwujud dan salah satunya adalah guru yang berkompeten dibidang kepri-badian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempe-ngaruhi persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis konfermatori.Populasi penelitian adalah siswa SMKN sidoarjo yang berjumlah 507 siswa sedangkan penetapan sampel melibatkan siswa sebanyak 302 siswa. Instrumen yang menyangkut Persepsi siswa tetang Kompetensi Kepribadian Guru dikembangkan dengan menggunakan Skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan program SEM AMOS 19.Hasil analisis data secara signifikan memperlihatkan terdapat 11 faktor yang mempengaruhi Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru SMK Negeri Di Kabupaten Sidoarjo.
Penulis: FX Budi Rahardjo
Kode Jurnal: jptlisetrodd120273
Share This :
comment 0 komentar
more_vert