HTML

Iklan

Hubungan antara Komitmen Organisasi dengan Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan Divisi Enterprise Service (DES) Telkom Ketintang Surabaya

Hubungan antara Komitmen Organisasi dengan Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan Divisi Enterprise Service (DES) Telkom Ketintang Surabaya
Abstrak: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  terdapat  hubungan  antara  komitmen organisasi  dengan  kesiapan  untuk  berubah  pada  karyawan  divisi  enterprise  service  (DES) Telkom  Ketintang  Surabaya.  Alat  pengumpul  data  menggunakan  kuesioner  berupa  skala komitmen organisasi dari OCQ Meyer & Allen (1990) dengan 24 aitem dan skala kesiapan untuk berubah yang disusun berdasarkan konsep teori dari Holt (2007) dengan 21 aitem. Skala yang digunakan telah diuji coba pada 30 orang subjek ujicoba, reliabilitas (r) yang dihasilkan yaitu komitmen  afektif  0,544,  komitmen  kontinuan  0,668,  dan  komitmen  normatif  0,543.
Sedangkan reliabilitas (r) skala kesiapan untuk berubah yaitu 0,851. Populasi subjek penelitian adalah karyawan DES Telkom Ketintang Surabaya yang berjenis kelamin pria dan wanita serta memiliki  masa  kerja  minimal  dua  tahun  yaitu  berjumlah  72  orang.  Sampel  penelitian  ini berjumlah  56  orang.  Teknik  sampling  yang  digunakan  adalah  simple  random  sampling. Analisis data yang digunakan yaitu teknik korelasi product moment dengan bantuan spss 17,0 for windows.
Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen afektif  dengan  kesiapan  untuk  berubahn  yaitu  sebesar  0,584  taraf  signifikansi  0,000. Komitmen kontinuan dengan kesiapan untuk berubah sebsar 0,007 taraf signifikansi 0,956. Dan komitmen normatif dengan kesiapan untuk berubah sebesar 0,371 taraf signifikansi 0,005. Taraf signifikansi berada dibawah 0,05 (p < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti  bahwa  terdapat  hubungan  signifikan  antara  komitmen  organisasi  khususnya komitmen afektif dan komitmen normatif dengan kesiapan untuk berubah pada karyawan divisi enterprise service (DES) Telkom Ketintang Surabaya.
Kata Kunci: komitmen organisasi, kesiapan untuk berubah
Penulis: Ayu Bianda Pramadani, Fajrianthi
Kode Jurnal: jppiodd120011
Share This :