HTML

Iklan

Hubungan antara Self Esteem terhadap Leadership Identity pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya

Hubungan antara Self Esteem terhadap Leadership Identity pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya
Abstrak: Penelitian ini berawal dari ketertarikan terhadap pengembangan leadership identity yang menjadi salah  satu  keahlian  yang  diharapkan  menjadi  bagian  dari  pengembangan  kemampuan kepemimpinan di Universitas Airlangga Surabaya. Leadership identity adalah proses yang dialami oleh seseorang untuk menjadi pemimpin melalui 6 tahap, yang dimulai dengan kesadaran diri untuk mengidentifikasi  potensi  yang  ada  di  dalam  diri  seorang  individu.  Dalam  proses  identifikasi  ini, diperlukan proses evaluasi dimana seorang individu memahami bahwa dirinya adalah seorang yang berharga  seutuhnya,  yang  sering  juga  disebut  sebagai  harga  diri  (self-esteem).  Populasi  pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada jenjang S1 dan D3 di Universitas Airlangga Surabaya yang  berjumlah  17.058  siswa,  yang  kemudian  diambil  543  siswa  dari  masing-masing  fakultas dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik. Penggalian data pada variabel harga diri (self-esteem)  dilaksanakan  dengan  menggunakan  skala  likert,  sedangkan  leadership  identity menggunakan  skala  thurstone.  Anlisis  data  menggunakan  asumsi  Spearman.  Nilai  alfa  sebagai besaran koefisien reliabilitas pada variabel harga diri (self-esteem) adalah 0.652, sedangkan pada leadership identity adalah 0.690. Maka, dengan demikian kedua skala tersebut dianggap reliable. Nilai korelasi antar kedua variabel adalah 0.194 dengan nilai p=0.000 yang berarti ada hubungan antara harga diri (self-esteem) dengan leadership identity pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya.
Kata kunci:leadership identity, harga diri
Penulis: Herlina E. S. Putri, Seger Handoyo
Kode Jurnal: jppiodd100011
Share This :