HTML

Iklan

Perbedaan Psychological Well-Being Pada Penderita Diabetes Tipe 2 Usia Dewasa Madya Ditinjau dari Strategi Coping

Perbedaan Psychological Well-Being Pada Penderita Diabetes Tipe 2 Usia Dewasa Madya Ditinjau dari Strategi Coping
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan psychological well-being pada penderita diabetes tipe 2 usia dewasa madya apabila ditinjau dari strategi coping. Psychological well-being merupakan kepemilikan akan karakter positif pada penerimaan diri, hubungan  dengan  orang  lain,  otonomi,  penguasaan  lingkungan,  tujuan  hidup  dan pertumbuhan diri. Strategi coping yang dimaksud dalam penelitian ini adalah problem-focused coping dan emotion-focused coping.
Penelitian  dilakukan  di  Poli  Penyakit  Dalam  RSUD  Sidoarjo  dengan  jumlah  subjek sebanyak 40 orang diantaranya 21 orang berjenis kelamin laki-laki dan 19 orang berjenis kelamin perempuan dengan kriteria menderita penyakit diabetes tipe 2 dan berada pada usia 35-60 tahun Pengambilan sampel dalam penelitian ini  dilakukan  dengan  teknik  insidental  sampling. Alat pengumpul  data  yang  digunakan  berupa  kuisioner  yang  merupakan  hasil  adaptasi  dari Psychological Well-Being Scale dari Ryff sebanyak 42 butir dan COPE Scale sebanyak 40 butir. Reliabilitas  alat  ukur  sebesar  0,768  untuk  skala  psychological  well-being  dan  sebesar  0,944 untuk skala strategi coping.
Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji perbedaan independent sample t-test  dengan  bantuan  program  statistik  SPSS  versi  16.0  for  windows.  Hasil  analisis  statistik menghasilkan  nilai  t=0,432  dengan  p=0,668  (p  >  0,05).  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  tidak terdapat perbedaan psychological well-being pada penderita diabetes tipe 2 usia dewasa madya ditinjau dari strategi coping.
Kata kunci: strategi coping, psychological well-being 
Penulis: Titi Angraeni, Ika Yuniar Cahyanti
Kode Jurnal: jppsikologiklinisdd120019
Share This :