Abstrak: Ketatnya persaingan pasar dan perubahan–perubahan yang terjadi, mengharuskan produsen menerapkan sebuah strategi yang tepat untuk dapat bertahan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Strategi diferensiasi merupakan salah satu alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh produsen dalam semua kondisi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka perusahaan memerlukan berbagai usaha agar tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai. Penerapan strategi ini harus dilakukan dengan berlandaskan pada pemahaman akan kesuksesan dalam persaingan akan dapat dipenuhi apabila perusahaan bisa menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Mempertahankan semua pelanggan yang ada umumnya akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan pergantian pelanggan karena biaya untuk menarik pelanggan baru bisa lima kali lipat dari biaya mempertahankan seorang pelanggan yang sudah ada. Dengan demikian, mempertahankan pelanggan sama secara tidak langsung akan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Kata kunci: konsumen, diferensiasi, loyalitas konsumen
Penulis: Limsanny
Kode Jurnal: jppiodd090004
Share This :
comment 0 komentar
more_vert