HTML

Iklan

ANALISIS KELAYAKAN RENCANA PEMBUKAAN SHOWROOM MOBIL OLEH PT XYZ BERDASARKAN RAMALAN PERMINTAAN DI BANDA ACEH

ANALISIS KELAYAKAN RENCANA PEMBUKAAN SHOWROOM MOBIL OLEH PT XYZ BERDASARKAN RAMALAN PERMINTAAN DI BANDA ACEH
ABSTRACT: Penelitian ini diarahkan untuk menganalisis data penjualan mobil oleh PT. XYZ di Banda Aceh dengan menggunakan model ARIMA untuk peramalan 2012. Data yang digunakan adalah data penjualan mobil oleh PT. XYZ dari tahun 2007-2011. Proses peramalan ARIMA dilakukan dengan beberapa tahapan. Langkah pertama adalah menganalisis data stasioner dengan cara plot data dan melihat autokorelasi dan autokorelasi parsial dari data yang diperoleh. Selanjutnya mengidentifikasi model dan mengestimasi parameter dari model tersebut. Model dengan masingmasing tipe diperoleh untuk tipe X dengan model ARIMA (1, 1, 4), untuk tipe Y dengan model ARIMA (1, 1, 3) dan untuk tipe Z dengan model ARIMA (0, 1, 2). Setelah dilakukan peramalan maka diperoleh hasil ramalan tipe X, Y, Z sebanyak 2, 2, 1. Dengan diketahuinya ramalan penjualan mobil di Banda Aceh, dapat dilakukan perencanaan peningkatan faktor lain untuk meningkatkan hasil penjualan mobil.
Penulis: Maradu Naipospos, Pengarapen Bangun, Gim Tarigan
Kode Jurnal: jpmatematikadd130055
Share This :