HTML

Iklan

Kebiasaan Makan Ikan Biawan (Helostoma teminckii) di Danau Sababila DAS Barito Kalimantan Tengah

Kebiasaan Makan  Ikan Biawan (Helostoma teminckii) di Danau Sababila DAS Barito Kalimantan Tengah
Abstrak: Ikan Biawan (Helostoma teminckii) termasuk kedalam golongan black fish, merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ikan ini banyak dijumpai diperairan rawa Kalimantan dan merupakan tangkapan utama bagi nelayan setempat karena harga jual yang cukup tinggi (Rp 12.000/kg).  Pengamatan kebiasaan makan ikan (food habit) merupakan salah satu cara untuk mengetahui jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk mengetahui kebiasaan makan ikan Biawan (Helostema temincki) di Danau Sababila, penelitian kebiasaan makan ikan Biawan (Helostema teminckii) telah dilaksanakan pada bulan Mei dan September 2005.
Metode: Riset dilakukan dengan menggunakan metode survey lapangan dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Metode yang digunakan untuk mengamati kebiasaan makan  adalah metode frekuensi kejadian. Ikan sampel ditangkap dengan menggunakan berbagai macam alat tangkap seperti jala dan jaring insang (gillnet). Selanjutnya untuk penelaahan kebiasaan makanan, ikan dibedah. Saluran pencernaan dipisahkan dari organ dalam lainnya kemudian diukur panjangnya dan diawetkan dengan larutan formalin 4%. Sampel saluran pencernaan diamati secara langsung dengan menggunakan mikroskop di laboratorium Hidrobiologi Balai Riset Perikanan Perairan Umum, Palembang.
Hasil: Hasil riset menunjukkan bahwa ikan Biawan di Danau Sababila cenderung bersifat herbivora dengan makanan utamanya plankton. Hasil analisis dengan metode frekuensi kejadian diperoleh persentase makanan yang tertinggi adalah jenis Diatom (89,47 %), Closterium (78,95 %), Ulotrix (73,68 %) dan Mougetia (63.16 %).
Kata kunci: kebiasaan makan, plankton dan ikan biawan
Penulis: Eko Prianto, Husnah, Syarifah Nurdawaty dan Asyari
Kode Jurnal: jpperikanandd060002
Share This :