HTML

Iklan

Pengaruh Penambahan Streptomycin dalam Skim Kuning Telur Sebagai Pengencer terhadap Kualitas Semen Ikan Mas (Cyprinus Carpio L.)

Pengaruh Penambahan Streptomycin dalam Skim Kuning Telur Sebagai Pengencer terhadap Kualitas Semen Ikan Mas (Cyprinus Carpio L.)
Abstrak: Pengencer skim kuning telur yang di dalamnya mengandung susu skim dan kuning telur mudah sekali terkontaminasi bakteri, untuk mendapatkan pengencer skim kuning telur yang steril atau bebas bakteri diperlukan streptomycin sebagai antibiotik. Dengan penambahan streptomycin diharapkan dapat meningkatkan motilitas dan liviabilitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan streptomycin dalam skim kuning telur dan pada dosis berapakah streptomycin sangat efisien terhadap kualitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.)
Penelitian ini dilaksanakan di balai Benih Ikan (BBI) Punten Kota Batu, jenis penelitian adalah true-experiment dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yang terdiri dari 7 perlakuan dan 4 ulangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semen ikan mas jantan produktif (matang gonad) sebagai penghasil spermatozoa yang ada di Balai Benih Ikan Punten. Sampel yang digunakan adalah semen ikan mas jantan berumur antara 2 tahun, berat 1,5 – 1,7 kg dan panjang badan 36 – 39 cm. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penambahan dosis streptomycin (0 gr, 0,2 gr, 0,4 gr, 0,6 gr, 0,8 gr, 1 gr, dan 1,2 gr). Variabel terikat adalah kualitas semen ikan mas  (Cyprinus carpio L.) (motilitas dan liviabilitas).
Data diolah dengan Anava satu faktor dan dilanjutkan Uji Duncan’s. berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan pengaruh berbagai dosis penambahan streptomycin pada pengencer skim kuning telur terhadap kualitas semen ikan mas. Dosis 1,2 gr merupakan dosis terbaik untuk menghasilkan motilitas dan liviabilitas yang tinggi pada semen ikan mas.
Kata kunci: Streptomycin, pengencer skim kuning telur, kualitas semen ikan mas (Cyprinus carpio L.)
Penulis: Budi Setyono, SPi dan Suswahyuningtyas
Kode Jurnal: jpperikanandd070001
Share This :