HTML

Iklan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KUANTUM DI KELAS VIII SMP

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KUANTUM DI KELAS VIII SMP
ABSTRAK: Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  yang bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Kuantum   yang valid dan praktis untuk mengajarkan matematika siswa kelas VIII  SMP;  (2)  mengetahui    potensial  efeknya    terhadap  prestasi  belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu  (1) self evaluation, meliputi tahap analisis dan desain perangkat pembelajaran; (2)  prototyping,  meliputi  tahap  evaluasi  dan  revisi;  dan  (3)  field  test. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  observasi  aktivitas  siswa,  observasi kemampuan  guru  mengelola  pembelajaran  dengan  pendekatan  Kuantum,  tes hasil  belajar  dan  angket  tentang  tanggapan  siswa  terhadap  pembelajaran dengan  pendekatan  Kuantum.  Hasil  observasi  aktivitas  siswa  menunjukkan bahwa  semua  indikator  aktivitas  siswa  berada  dalam  batas  waktu  toleransi yang  ditetapkan  artinya  pembelajaran  yang  menggunakan  perangkat  dengan pendekatan  Kuantum  efektif.  Hasil  observasi  kemampuan  guru  mengelola pembelajaran  dengan  pendekatan  Kuantum  tergolong  baik.  Dari  tes  hasil belajar  pada  tiap  akhir  pertemuan  dan  tes  akhir  seluruh  materi  bangun  ruang sisi  datar  hampir  semua  siswa  telah  memenuhi  KKM  yang  telah  ditetapkan. Berdasarkan  hasil  angket  diperoleh  bahwa  siswa  senang  pembelajaran matematika  diajarkan  dengan  pendekatan  Kuantum.  Kesimpulan  dari penelitian  ini  adalah  (1)  perangkat  pembelajaran  yang  dikembangkan berdasarkan  pendekatan  Kuantum  dikategorikan  valid  dan  praktis;  (2) perangkat  pembelajaran  yang  dikembangkan  mempunyai  potensial  efek terhadap kemampuan siswa dalam menguasai materi bangun ruang sisi datar.       
Kata kunci: perangkat pembelajaran , pendekatan Kuantum
Penulis: Marini Fitriani, Yusuf Hartono, dan Purwoko
Kode Jurnal: jpmatematikadd100020
Share This :