HTML

Iklan

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG
Abstrak: Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  (1)  Mengetahui  perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa pada kelas yang memperoleh  pembelajaran  problem  posing  dengan  siswa  pada  kelas  yang memperoleh  pembelajaran  konvensional.  (2)  Mengetahui  perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa dalam kelompok tinggi, sedang dan rendah ditinjau dari tingkat penguasaan matematika. (3) Mengetahui  interaksi  antara  model  pembelajaran  dan  tingkat  penguasaan matematika dalam kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  unit-unit  penelitian ditentukan  berdasarkan  kelompok  pembelajaran  dan  tingkat  penguasaan matematika  siswa.  Kelompok  pembelajaran  dibedakan  menjadi  dua  yaitu pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional. Sedangkan tingkat  penguasaan  matematika  siswa  dibedakan  ke  dalam  kelompok tinggi,  sedang  dan  rendah.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Palembang tahun ajaran 2009/2010.  Sampel penelitian  adalah  kelas  XI  IPA  1  sebagai  kelas  eksperimen  dan  kelas  XI IPA  2  sebagai  kelas  kontrol.  Berdasarkan  hasil  analisis  data  diperoleh kesimpulan  sebagai  berikut:  (1)  Terdapat  perbedaan  kemampuan pemahaman  konsep  matematika  antara  siswa  yang  memperoleh pembelajaran  problem  posing  dengan  siswa  yang  memperoleh pembelajaran  konvensional.  (2)  Terdapat  perbedaan  kemampuan pemahaman  konsep  matematika  antara  siswa  pada  kelompok  tinggi  dan sedang  serta  tinggi  dan  rendah.  Tetapi  tidak  terdapat  perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika  antara siswa pada  kelompok sedang  dan  rendah.  (3)  Terdapat  interaksi  antara  pembelajaran  (Problem Posing  dan  Konvensional)  dengan  tingkat  penguasaan  matematika  siswa dalam  kemampuan  pemahaman  konsep  matematika.  Interaksi  terjadi antara pembelajaran (PP dan KV) dengan tingkat penguasaan matematika siswa  pada  kelompok  tinggi  dan  sedang  serta  tinggi  dan  rendah  dalam kemampuan  pemahaman  konsep  matematika.  Tetapi  tidak  terdapat interaksi  antara  pembelajaran  (PP  dan  KV)  dengan  tingkat  penguasaan matematika siswa dalam kelompok sedang dan rendah.
Penulis: Oktiana Dwi Putra Herawati, Rusdy Siroj dan H.M. Djahir Basir
Kode Jurnal: jpmatematikadd100019
Share This :