HTML

Iklan

PENGEMBANGAN BAHAN FASILITASI PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED

PENGEMBANGAN BAHAN FASILITASI PEMBERDAYAAN KELOMPOK KERJA GURU DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED
Abstrak:  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  1)  menghasilkan  bahan  fasilitasi pemberdayaan  KKG  SD  pada  mata  pelajaran  matematika  berbasis  open-ended  yang valid dan praktis dan 2) mengetahui efek potensial setelah guru menggunakan bahan fasilitasi  pemberdayaan  KKG  SD  pada  mata  pelajaran  matematika  berbasis  open-ended.  Penelitian  ini  menggunakan  desain  penelitian  pengembangan  atau development  research.  Subjek  penelitian adalah  guru-guru  SD  yang  menjadi  peserta KKG  SD  Gugus  III  Kecamatan  Indralaya  Kabupaten  Ogan  Ilir.  Pengumpulan  data dalam penelitian ini menggunakan metode walk through, observasi, tes hasil belajar, dan  kuesioner.  Analisis  data  penelitian  ini  menggunakan  metode  analisis  deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas soal tes, dan analisis hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis  data  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut.  Pertama,  penelitian  ini  telah menghasilkan  bahan  fasilitasi  pemberdayaan  KKG  SD  pada  mata  pelajaran matematika berbasis open-ended yang valid dan praktis. Validitas bahan fasilitasi ini tampak  dari  tinjauan,  validasi,  dan  evaluasi  pakar,  panelis,  dan  tester  terhadap  isi, konstruksi,  dan  bahasa/budaya  yang  menyatakan  bahwa  bahan  fasilitasi  ini  sudah baik.  Bahan  fasilitasi  berupa  instrumen  tes  hasil  belajar,  baik  tes  hasil  belajar  I maupun  tes  hasil  belajar  II,  secara  empirik  juga  valid.  Kedua,  penggunaan  bahan fasilitasi  pemberdayaan  KKG  SD  pada  mata  pelajaran  matematika  berbasis  open-ended dalam kegiatan KKG SD Gugus III Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir telah  memberikan  efek  potensial  berupa  kemampuan  guru  yang  cukup  baik  dalam menyusun  soal  open-ended  matematika  dan  menyusun  silabus  dan  RPP  yang menerapkan  pendekatan  open-ended  dalam  pembelajaran  matematika  di  SD. Berdasarkan analisis tes hasil belajar, nilai rata-rata kemampuan guru menyusun soal open-ended  melalui  tes  hasil  belajar  I  adalah  71,32  sedangkan  nilai  rata-rata kemampuan  guru  menyusun  silabus  dan  RPP  dengan  penerapan  pendekatan  open-ended  dalam  pembelajaran  matematika  di  SD  melalui  tes  hasil  belajar  II  adalah 74,78.   
Kata kunci: bahan fasilitasi, KKG, open-ended
Penulis: Rusdy A Siroj, dan Ratu Ilma Indra Putri
Kode Jurnal: jpmatematikadd100018
Share This :