HTML

Iklan

PENGEMBANGAN SISTEM PENGENALAN EKSPRESI WAJAH MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS PADA DATABASE MUG)

PENGEMBANGAN SISTEM PENGENALAN EKSPRESI WAJAH MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION (STUDI KASUS PADA DATABASE MUG)
Abstract: Ekspresi atau mimik adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal yang merupakan hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah serta dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Melalui ekspresi wajah, maka dapat dipahami emosi yang sedang bergejolak pada diri individu. Ekspresi wajah merupakan salah satu karakteristik perilaku. Penggunaan sistem teknologi biometrika dengan karakteristik ekspresi wajah memungkinkan untuk mengenali mood atau emosi seseorang. Komponen dasar system analisis ekspresi wajah adalah deteksi wajah, ekstraksi data wajah, dan pengenalan ekspresi wajah. Metode integral projection digunakan untuk sistem dekteksi wajah. Metode fisherface dengan pendekatan jaringan syaraf tiruan backpropagation dapat digunakan untuk pengenalan ekspresi wajah. Metode ini dilakukan dengan dua tahap proses yaitu PCA dan LDA. Di mana perhitungan PCA digunakan untuk mereduksi dimensi, sedangkan LDA digunakan untuk mengekstraksi ciri ekspresi wajah dari setiap citra. Penelitian dilakukan pada MUG yang memperoleh hasil recognition rate 98,09%, dan false positive 5.
Kata kunci: ekspresi wajah, metode integral projection, metode fisherface, PCA, LDA, jaringan syaraf tiruan backpropagation
Penulis: Zaenal Abidin
Kode Jurnal: jpmatematikadd110008
Share This :