HTML

Iklan

CARA MENYEMBUHKAN TIDUR MENDENGKUR (NGOROK)

CARA MENYEMBUHKAN TIDUR MENDENGKUR (NGOROK)
Cara Menyembuhkan Tidur Mendengkur (Ngorok), Terbukti!!!. Mendengkur menghilangkan kesegaran dan kualitastidur Anda, karena tubuh mengalamai kekurangan oksigen. Tidur mendengkur (ngorok) merupakan salah satu tanda dari pernafasan yang terhalang, hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Arthur Kotch, M.D., Direktur Kesehatan dari The Sleep Disorders Center di Rumah Sakit Danbury, Connecticut.
Suara dengkuran biasa sangat mengganggu orang-orang disekitar kita, terutama pasangan tidur, bahkan dengan volume suara dengkuran yang kuat membuat mereka tidak bisa tidur. Terkadang uniknya lagi suara dengkuran masing –masing penderita berbeda beda dari volume keras, rendah, sedang. Orang yang mendengkur kebanyakan juga karena mereka menderita obesitas. Itu menyebabkan lorong udara di tenggorokan mereka kian sempit sehingga kesehatannya menjadi buruk. 
Penyebab mendengkur (tidur ngorok) salah satunya adalah ketika jaringan-jaringan di balik kerongkongan, seperti lidah dan langit-langit mulut saling bersinggungan, bergetar dan memproduksi bunyi dengkuran. Pada kasus lain, persinggungan jaringan-jaringan tadi dapat langsung menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang dapat merusak jantung Anda.
Berikut cara sederhana menyembuhkan tidur mendengkur:
Hindari minum alkohol, pil-pil penenang  atau antithistamin
Hindari beberapa jam sebelum tidur, yang membuat otot-otot kerongkongan santai sejenak, sehingga menghasilkan dengkuran. Jika Anda masih mendengkur setelah melakukan perubahan di atas, segera periksa telinga, hidung dan tenggorokan pada dokter THT.
Kurangi kelebihan berat badan Anda dengan cara mengatur pola makan dan olahraga rutin 3-5 kali seminggu. Hindari makanan yang kaya akan lemak sebelum tidur. 
Hindari Minum Obat Tertentu Sebelum Tidur
Obat penenang atau tranquilizer, pil tidur, dan antihistamin perlu dihindari konsumsinya sebelum tidur. Jika harus meminumnya, minumlah 2-3 jam sebelum tidur.
Olahraga Teratur
Olahraga teratur jelas sangat baik untuk kesehatan.
Hindari Posisi Tidur Telentang atau Tengkurap
Posisi tidur telentang memudahkan seseorang untuk tidur mendengkur. Sebaiknya tidur miring ke kanan atau ke kiri. Jika harus telentang, maka pakailah bantal.
15 Menit Memanjakan Diri Sebelum Tidur
Rileks sebelum tidur bisa membantu mengurangi mendengkur. Cara untuk memanjakan diri bisa dengan menulis hal-hal yang menyenangkan sepanjang hari, yoga, mendengarkan musik klasik, atau melakukan aktivitas ringan lainnya yang menyenangkan.
Hindari Makan, Minum, dan Ngemil Sebelum Tidur
Intinya adalah jangan pergi tidur dalam keadaan perut kekenyangan.
Gunakan humidifier
Menggunakan humidifier bisa mengurangi dengkuran karena anda menghirup uap air yang bisa membantu anda membersihkan rongga hidung. Jika anda tak memilikinya, cobalah anda basahi handuk kecil dengan ait hangat, kemudian hirup uapnya. Anda bisa melakukan hal ini setidaknya 10 menit sebelum tidur setiap harinya sehingga lendir-lendir yang menyebabkan hidung tersumbat bisa bersih dan menghalau udara kering masuk ke rongga hidung anda.
Konsumsi madu sebelum tidur
Madu selama ini dilihat sebagai jenis salep alami yang manjur mengobati luka. Sesungguhnya madu juga bisa digunakan sebagai obat penyembuh orang-orang yang suka mendengkur. Beberapa orang percaya bahwa madu bisa membantu tubuh anda mengalirkan udara dengan lancar. Dengan adanya pelumas di tenggorokan anda, maka getaran mendengkur bisa dicegah. Cobalah minum atau konsumsi sedikit madu sebelum tidur.
Tidur teratur
Bila kondisi tubuh lelah, maka otot akan lemas, seperti di atas tadi. Maka dengkuran akan terdengar. Untuk itu, mulai lah tidur dengan teratur setiap hari, guna menghindari kelelahan dan kecapekan.
Minum air yang banyak
Ternyata di dalam saluran pernapasan juga terdapat lendir yang menjadi penyebab sulitnya udara keluar masuk. Sehingga akan menyebabkan mendengkur. Di anjurkan untuk minum air 8 gelas sehari agar tidak mengalami dehidrasi dan akan
Ganti bantal
Alergen di kamar tidur dan bantal mungkin berpengaruh pada terjadinya ngorok. Menurut Slaughter, tungau debu bisa berakumulasi di bantal dan menyebabkan reaksi alergi yang memicu dengkuran. Untuk mengurangi alergen di tempat tidur, cucilah bantal Anda dan jemur di bawah sinar matahari minimal seminggu sekali. Selain itu, jagalah agar hewan kesayangan tidak tidur satu kamar dengan Anda.
Share This :