HTML

Iklan

JENIS-JENIS AMNESIA

JENIS-JENIS AMNESIA
Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis-jenis amnesia. Banyak penderita amnesia menyatakan bahwa amnesia berubah dari kondisi neurologist ke kondisi psikologis, di mana pasien kehilangan kepercayaan diri dan keyakinan pada kenangan/memori mereka sendiri dan hal dari peristiwa masa lalunya. Efek lain dari amnesia adalah ketidakmampuan membayangkan masa depan. Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan secara online dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa amnesia dengan kerusakan hippocampus tidak dapat membayangkan masa depan. Hal ini karena ketika manusia normal membayangkan masa depan, mereka menggunakan pengalaman masa lalu untuk membangun skenario yang mungkin. Sebagai contoh, seseorang yang akan mencoba untuk membayangkan apa yang akan terjadi di sebuah pesta yang akan terjadi dalam waktu dekat akan menggunakan pengalaman mereka di pesta-pesta untuk membantu menyusun acara.
Bentuk dan jenis Amnesia antara lain:
  1. Emotional/hysterical amnesia (fugue amnesia): hilangnya memori karena trauma psikologis seperti kejahatan seksual. Kondisi ini biasanya tidak menetap.Anterograde amnesia: kejadian baru dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Penderitanya tidak akan bisa mengingat apapun yang terjadi setelah munculnya amnesia ini walaupun baru berlalu sesaat.
  2. Retrograde amnesia: ketidakmampuan memunculkan kembali ingatan masa lalu yang lebih dari peristiwa lupa biasa.
  3. Lacunar amnesia: ketakmampuan mengingat kejadian tertentu, seperti ingatan jangka pendek.
  4. Posthypnotic amnesia: hilangnya memori yang disebabkan oleh hipnotis. Bisa meliputi ketakmampuan mengingat peristiwa-peristiwa yang terjadi selama hipnotis atau informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang.
  5. Korsakoff syndrome: hilangnya memori karena kecanduan alkohol kronis,wah pasti ini biasanya yang tukang mabok.
  6. Transient global amnesia: hilangnya memori spontan yang bisa berlangsung antara beberapa menit hingga beberapa jam dan biasanya dialami oleh orang berusia baya dan lanjut.
Selain itu juga ada jenis amnesia lain yang cukup parah yaitu:
Amnesia parsial: ketidakmampuan mengingat beberapa orang dalam jangka waktu 3 tahun bahkan selamanya, kejadian ini biasanya disebabkan oleh seseorang tersebut mengalami operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Kejadian ini cukup langka karna tidak banyak orang yang mau untuk melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang untuk pengobatan penyakit Thalassemia Mayor.
Jenis ingatan yang bisa terkena amnesia:
  1. Ingatan segera: ingatan akan peristiwa yang terjadi beberapa detik sebelumnya.
  2. Ingatan menengah: ingatan akan peristiwa yang terjadi beberapa detik sampai beberapa hari sebelumnya.
  3. Ingatan jangka panjang : ingatan akan peristiwa di masa lalu.
Share This :