HTML

Iklan

GEJALA-GEJALA ALZHEIMER

GEJALA-GEJALA ALZHEIMER
Terdapat beberapa gejala-gejala alzheimer. Penyakit Alzheimer dapat dimulai dengan hilangnya sedikit ingatan dan kebingungan, tetapi pada akhirnya akan menyebabkan pelemahan mental yang tidak dapat diubah dan menghancurkan kemampuan seseorang dalam mengingat, berpikir, belajar, dan berimajinasi.
Alzheimer’s Disease and Related Disorders Association (2001) merangkum 10 gejala dari Alzheimer yaitu:
  1. Gangguan daya ingat, seperti lupa meletakkan kunci, lupa nomor telepon, lupa nama orang, lupa mencampurkan gula dalam minuman
  2. Sulit mengerjakan hal yang biasa dilakukan, penderita sulit untuk menyelesaikan tugas sehari-hari yang diketahui, yang tidak perlu berpikir untuk melakukannya. Mereka tidak mengetahui langkah-langkah untuk menyiapkan makanan, menggunakan perabot, atau berpartisipasi dalam melakukan kegemarannya selama ini.
  3. Bermasalah dengan bahasa. Penderita sering lupa akan kata-kata sederhana, atau substitusi dari kata yang tidak biasa digunakan, membuat ucapan atau tulisannya sulit dimengerti.
  4. Disorientasi waktu dan tempat. Penderita Alzheimer dapat tersesat di jalan dekat rumahnya sendiri. Lupa dimana dia berada dan bagaimana dapat sampai ke suatu tempat dan tidak tahu bagaimana cara bisa kembali ke rumah.
  5. Lemah atau kurang baik dalam mengambil keputusan
  6. Bermasalah dengan pemikiran abstrak, seperti orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan.
  7. Salah menempatkan segala sesuatu. Orang Alzheimer akan salah menempatkan segala sesuatu pada tempat yang tidak wajar, seperti setrika di kulkas.
  8. Perubahan mood atau tingkah laku. Seorang yang mengidap Alzheimer menampilkan mood yang berubah-ubah. Seperti dari tenang menjadi ketakutan, kemudian marah tanpa alasan yang jelas.
  9. Perubahan kepribadian. Kepribadian penderita dapat berubah, menjadi benar-benar kacau, penuh curiga, ketakutan, atau menjadi bergantung pada anggota keluarga.
  10. Kehilangan inisiatif. Orang dengan Alzheimer dapat menjadi pasif, duduk di depan tv berjam-jam, tidur lebih lama dari biasanya, atau tidak ingin melakukan aktivitas yang biasa dilakukan.
Sedangkan gejala-gejala umum penyakit Alzheimer meliputi:
  • Gangguan memori dan berpikir, yaitu penderita penyakit Alzheimer kesulitan mengingat informasi baru. Pada tahap akhir penyakit, memori jangka panjang menghilang, dan penderita penyakit Alzheimer tidak dapat mengingat informasi pribadi, seperti tempat tanggal lahir, pekerjaan, atau nama-nama anggota keluarga dekat.
  • Kebingungan. Penderita penyakit Alzheimer dapat tersesat ketika keluar rumah sendirian dan kadang tidak dapat mengingat dimana dia atau bagaimana dia bisa sampai disana.
  • Lupa tempat menyimpan sesuatu, seperti kacamata, kunci, dompet, dll.
  • Berpikir Abstrak. Penderita penyakit Alzheimer merasa tugas kantor atau studi-nya lebih sulit dikerjakan daripada biasanya.
  • Kesulitan mengerjakan kebiasaan sehari-hari, seperti makan, mandi, berpakaian, dll.
  • Penilaian yang buruk, seperti meninggalkan rumah pada malam hari yang dingin tanpa jaket atau sepatu, atau bisa pergi ke toko memakai baju tidur.
  • Ketidakmampuan penderita penyakit Alzheimer untuk mengikuti petunjuk.
  • Adanya masalah dengan bahasa dan komunikasi, seperti tidak dapat mengingat kata-kata, nama benda-benda, atau memahami arti kata-kata umum.
  • Memburuknya kemampuan visual dan spasial, seperti menilai bentuk dan ukuran suatu benda.
  • Kehilangan motivasi atau inisiatif.
  • Kehilangan pola tidur normal.
Share This :