Abstrak: Wawancara yang telah dilakukan dengan guru TIK di SD Laboratorium UM, menemukan masalah dalam prestasi belajar siswa Kelas V pada pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka. Pada pokok bahasan ini, prestasi belajar siswa dipandang masih belum memenuhi standar kompetensi minimum penilaian. Pada penelitian ini, metode pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model R&D Sugiyono. Sedangkan model pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan mengggunakan model waterfall. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif berbasis web yang bersifat dinamis. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, guru, perseorangan, kelompok kecil dan lapangan diperoleh data akhir 95,75%, dari hasil tersebut media ini sudah layak. Penelitian ini juga menggunakan uji t dan uji korelasi untuk menguji apakah media ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis web. Berdasarkan hasil uji korelasi, terjadi hubungan yang signifikan antara skor angket siswa dengan skor rata-rata post-tes siswa. Sehingga bisa disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif berbasis web ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan peningkatkan hasil belajar siswa.
Penulis: Muladi
Kode Jurnal: jptlisetrodd120275
Share This :
comment 0 komentar
more_vert