ABSTRACT: Media pembelajaran perlu diberikan kepada peserta didik agar lebih mudahmenerima materi yang diberikan. Sesuai dengan observasi yang dilakukan di Program StudiS1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, diketahuibahwa mahasiswa masih merasa kurang memahami pokok bahasan Graph dengan alasankurang memahami alur logika berpikir dari materi tersebut. Dengan adanya masalahtersebut, maka media pembelajaran perlu dibuat untuk membantu mahasiswa dalammemahami materi Graph. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono(2010). Hasil pengembangan berupa CMS bernama ASD PendTIUM yang terdiri dari menuMedia (visualisasi, materi, soal latihan, forum diskusi), Profil, Petunjuk Pengoperasian, danSAP (SK/KD). Produk ini telah divalidasi oleh ahli materi sebesar 100%, ahli media90,18%, dan diujicobakan pada pengguna dan hasil persentasenya adalah 80,01%. Hal inimenunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalamkategori sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ASD PendTIUM sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran.Selain itu, ASD PendTIUM dapat membantu mahasiswa untuk memahami logika pada materi Graph.
Penulis: Wahyu Sakti Gunawan, Nur Fitria Dahlina
Kode Jurnal: jptlisetrodd140871
Share This :
comment 0 komentar
more_vert