HTML

Iklan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS CTL DENGAN METODE NHT PADA MATERI FUNGSI DAN PROSES KERJA PERALATAN TIK KELAS X

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS CTL DENGAN METODE NHT PADA MATERI FUNGSI DAN PROSES KERJA PERALATAN TIK KELAS X
ABSTRACT: Hasil observasi di SMAN 1 Sutojayan menunjukkan bahwa fasilitas laboratorium komputer kurang memadai dan metode belajar yang digunakan masih berpusat pada guru yang menyebabkan siswa cenderung pasif dan hasil belajar pun rendah. Agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka perlu diterapkan metode belajar yang sesuai dengan kondisi di kelas yaitu dengan menerapkan metode NHT-CTL pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode NHT-CTL dengan metode NHT pada materi fungsi dan proses kerja peralatan TIK, serta pengaruh dari kedua metode belajar terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah kelas X.7 dan kelas X.4. Variabel bebas yaitu metode pem-belajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar kelas yang menerapkan metode NHT-CTL lebih tinggi dari pada kelas yang menerapkan metode NHT, yaitu 84,799 > 81,086. Hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjuk-kan perbedaan yang signifikan, yaitu dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode NHT-CTL terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 85,5% dan sumbangan pengaruh sebesar 73,1%. Selain itu, terdapat pengaruh yang signif-ikan antara metode NHT terhadap hasil belajar dengan hubungan sebesar 42,5% dan sum-bangan pengaruh 18,1%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil bela-jar yang signifikan antara kelas yang menerapkan metode NHT-CTL dan kelas yang men-erapkan metode NHT. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara kedua metode belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan – Blitar.
Kata-kata kunci: Numbered Head Together (NHT), CTL, NHT berbasis CTL
Penulis: Inge Ratna Dwi Alitalya, Puger Honggowiyono
Kode Jurnal: jptlisetrodd130809
Share This :