ABSTRACT: Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dan keberhasilan siswa dalam belajar, guru perlu memahami hal-hal yang mempengaruhi proses belajar siswa, baik yang menghambat maupun yang mendukung. Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa adalah faktor motivasi belajar. Motivasi perlu untuk dikelola dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang memiliki motivasi belajar lebih tinggi akan lebih berhasil dalam belajar sebab mereka mampu mendorong dirinya sendiri untuk menimbulkan kegiatan belajar demi mencapai tujuan belajar yang optimal. Upaya pengelolaan motivasi dan hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS) dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest posttest control group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran expert group dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran think pair share (TPS), analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji anova dua jalur. Hasil Penelitian, dilihat dari uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif, afektif, psikomotorik, motivasi belajar pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran expert group dan model think pair share (TPS) dan uji anova menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diajar menggunakan model pembelajaran expert group dan think pair share (TPS).
Penulis: Puger Honggowiyono, Dedy Arif Budiawan
Kode Jurnal: jptlisetrodd140865
Share This :
comment 0 komentar
more_vert