HTML

Iklan

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI KEJURUAN BASIS DATA DI KELAS XII TKJ

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI KEJURUAN BASIS DATA DI KELAS XII TKJ
ABSTRACT: Kompetensi kejuruan basis data mempunyai tingkat kesulitan pada manajemen data dan pengembangan perintah untuk merequest data, pengembangan perintah diimplementasikan dengan pembuatan suatu program. Pemrograman menuntut pengaplikasian logika berpikir ke dalam bahasa pemrograman, oleh karena itu memerlukan proses berpikir yang mendalam dan sistematis. Proses berpikir yang mendalam dan sistematis adalah salah satu ciri dari kemampuan berpikir kritis. Siswa banyak merasa kesulitan dengan konsep pemrograman karena pembelajaran yang diberikan masih secara aplikatif dengan pembelajaran yang konvensional. Pembelajaran yang disampaikan secara aplikatif kurang memacu siswa untuk mengembangkan proses berpikir kritis, oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran Open Ended. Rancangan penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Turen Malang tahun ajaran 2013/2014, dan sampel meliputi setiap anggota dalam populasi yaitu kelas XII TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan XII TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas yaitu metode pembelajaran, variabel terikat yaitu hasil belajar dan variabel moderator yaitu kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah pada kedua metode pembelajaran yang diterapkan, (2) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran open ended dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada kedua kelompok kemampuan berpikir kritis, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang diterapkan dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar.
KEYWORDS: open ended; kemampuan berpikir kritis; hasil belajar
Penulis: Sujono, Yezinta Dewimaharani
Kode Jurnal: jptlisetrodd140866

Share This :