HTML

Iklan

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD PADA POKOK BAHASAN MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sumber belajar di Sekolah Dasar Kabupaten Bireuen, terutama pada mata  pelajaran IPA di kelas V. Aspek yang diamati adalah variasi pemanfaatan sumber belajar, frekuensi pemanfaatan sumber belajar, dan ketepatan pemanfaatan sumber belajar.  Penelitian deskriptif kuantitatif  dengan  teknik  observasi  ini  dilaksanakan  di  Sekolah  Dasar  Kabupaten  Bireuen,  sejumlah  10  guru yang dijadikan  sebagai  subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan  melakukan observasi dan  wawancara terhadap  guru  IPA  yang  mengajar di  kelas V SD.  Hasil  penelitian  menunjukkan  tiap  aspek  dari  bagaimana pemanfaatan  sumber  belajar  yaitu:  variasi  sumber  belajar  yang  dimanfaatkan  masih  kurang  variatif,  frekuensi pemanfaatan  sumber  belajar  tergolong  sangat  sering  selama  pokok  bahasan  makhluk  hidup  dan  proses kehidupan,  ketepatan  pelaksanaan  pemanfaatan  sumber  belajar  rata-rata  sudah  baik.  Rekomendasi  berdasarkan hasil  penelitian  ini  adalah  hendaknya  di  setiap  sekolah,  pemanfaatan  sumber  belajar  lebih  ditingkatkan  lagi menjadi lebih bervariasi. Sehingga proses belajar mengajar dapat menjadi lebih bermakna bagi siswa.
Kata Kunci: Pemanfaatan Sumber Belajar, Sumber Belajar Kota Bireuen, Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD
Penulis: Faizah M Nur
Kode Jurnal: jpbiologidd120018
Share This :