HTML

Iklan

Potensi Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Immunostimulant untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Non Spesifik pada Ikan Mas (Cyprinus Carpio)

Potensi Ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Immunostimulant untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Non Spesifik pada Ikan Mas (Cyprinus Carpio)
Abstraksi: Ikan mempunyai respon kekebalan non spesifik yang bisa dirangsang dengan pemberian immunostimulant. Salah satu bahan yang bisa berfungsi sebagai immunostimulant adalah Acemanan yang diketahui terkandung dalam tanaman Lidah Buaya (Aloe vera). Penelitian bertujuan untuk mengetahui potensi Lidah Buaya sebagai immunostimulant. 
Metode: Tepung lidah buaya dilarutkan dalam phosphat buffer saline (PBS) dengan 5 level, yaitu  0; 1 mg/ml; 2 mg/ml; 3 mg/ml; dan 4 mg/ml. Perlakuan diinjeksikan 0,2 ml secara  intramuscular pada bagian dorsal ikan sesuai dengan dosis perlakuan. Parameter yang diukur berupa respon kekebalan non spesifik ikan mas (nilai hematokrit, leukokrit, aktivitas NBT dan aktivitas fagositosis) yang ditimbulkan akibat pemberian ekstrak Lidah buaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap. Sementara data yang diperoleh dianalisa dengan ANAVA.
Hasil:  Semua parameter yang diukur tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata (P>0,05), yang berarti bahwa penggunaan dosis ekstrak lidah buaya yang berbeda tidak menunjukkan pengaruh yang berbeda  terhadap level hematokrit, leukokrit, aktivitas NBT dan aktivitas fagositosis. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu metode ekstraksi bahan aktif yang belum tepat, range dosis yang digunakan kurang tiggi serta kondisi fisiologis ikan pada saat sampling darah.
Kata Kunci: Sistem pertahanan non spesifik, Hematokrit, Leukrokit, Aktivitas NBT, Aktivitas Fagositosis
Penulis: Sri Dwi Hastuti
Kode Jurnal: jppertaniandd060001
Share This :