HTML

Iklan

PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya)

PENGARUH LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Universitas Pelita Harapan Surabaya)
Abstrak: Lingkungan kampus yang kondusif dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa sedangkan lingkungan kampus yang tidak sehat akan membuat siswa merasa stres, menurunnya motivasi belajar mahasiswa yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajarnya.Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan variable-variabel lingkungan kampus berdasarkan preferensi mahasiswa yang mempengaruhi prestasi belajar mereka. 166 mahasiswa Business School diminta memberikan unsure-unsur variable lingkungan kampus yang nyaman berdasarkan preferensi mereka. Berdasarkan jawaban dari responden, terdapat Sembilan variabel lingkungan kampus yang sesuai dengan teori yaitu ukuran ruang kelas, tata letak ruang kelas, kebersihan kampus, fasilitas internet, fasilitas perpustakaan, suhu  udara di ruang kelas, tingkat kebisingan, hubungan antara mahasiswa, hubungan mahasiswa dengan dosen. Sembilan variable tersebut kemudian dimasukkan dalam kuesioner penelitian untuk mencari urutan preferensi tertinggi dan terendah. 157 mahasiswa (84 perempuan dan 73 laki-laki) diminta untuk menjawab kuesioner. Sembilan mahasiswa diambil sebagi pengujian validitas dan reliabilitas kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kampus yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka dan yang mendapat peringkat tertinggi adalah hubungan antara dosen dan mahasiswa, urutan berikutnya adalah kebersihan kampus. Variabel yang mendapat urutan terendah adalah fasilitas internet.
Kata kunci: Lingkungan kampus, preferensi mahasiswa, prestasi belajar
Penulis: Hastuti Naibaho, Firmanto Adi, Veryco & Sugiarto
Kode Jurnal: jpmanajemendd100016
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini.... >>> KLIK DISINI <<<
Atau download gratis di bawah ini:
Share This :