HTML

Iklan

PENGARUH PERSEPSI TENTANG ADVERTORIAL PRODUK KESEHATAN DI KORAN PADA SIKAP KONSUMEN

PENGARUH PERSEPSI TENTANG ADVERTORIAL PRODUK KESEHATAN DI KORAN PADA SIKAP  KONSUMEN
ABSTRAK: Penelitian  ini  bertujuan  menganalisis  pengaruh  persepsi  tentang  advertorial  produk  kesehatan  pada  sikap konsumen.  Advertorial  merupakan  bentuk  iklan  yang  ditulis  dengan  format  editorial  sehingga  sulit  dibedakan dengan berita yang sesungguhnya. Iklan memiliki tujuan akhir mempengaruhi perilaku pembelian konsumen. Salah satu prediktor dalam menentukan prilaku konsumen adalah dengan mempelajari sikap. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang  pernah  membaca  advertorial  produk  kesehatan  di  koran,  sedangkan  pengambilan  sampel  menggunakan  metode  purposive sampling.  Variabel  dalam  penelitian  ini  adalah  persepsi  tentang  advertorial  produk  kesehatan  sebagai  variabel  tak  tergantung  serta  respon  kognitif  dan  afektif  sebagai  variabel  tergantung.  Semua  variabel  diukur  menggunakan  skala  Likert.  Data  primer  diperoleh  dengan  menggunakan  kuesioner  yang  diberikan  pada  170 responden. Uji validitas instrumen penelitian dengan Confirmatory Factor Analysis dan uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach’s, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  persepsi  tentang  advertorial  produk  kesehatan  berpengaruh  positif secara signifikan pada respon kognitif dan respon afektif consumen. Pengaruh persepsi tentang advertorial produk kesehatan pada respon kognitif mahasiswa sebesar 21,3% sedangkan pengaruh advertorial produk kesehatan pada respon  afektif  sebesar  8,7%  pada  mahasiswa  pembaca  koran  di  UGM.  Faktor-faktor  lain,  di  luar  persepsi  pada advertorial,  yang  diperkirakan  mempengaruhi  sikap  konsumen  yaitu  jenjang  pendidikan,  sikap  pada  merek  yang telah dimiliki sebelumnya, dan tingkat keterlibatan individu.
Kata kunci: Advertorial, persepsi, sikap, mahasiswa Universitas Gadjah Mada
Penulis: Rika Melati, Basu Swasta Dharmmesta
Kode Jurnal: jpfarmasidd110012
Share This :