HTML

Iklan

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK
Terdapat beberapa Cara Mengatasi Rambut Rontok. Rambut adalah mahkota, itulah ungkapan yang tepat untuk rambut. dan sebagian besar orang pastinya menginginkan rambut yang indah dan sehat. Bayangkan saja jika kesehatan rambut tidak terawat maka yang terjadi adalah kerusakan rambut dan kerontokan, dan kerontokan rambut ini telah dialami oleh beberapa orang.
Rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang sering terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Pada umumnya mempunyai rambut rontok adalah hal yang wajar terjadi, namun jika anda mengalami kerontokan rambut yang banyak dan terjadi terus menerus, hal tersebut perlu untuk diketahui lebih lanjut penyebabnya. Karena kerontokan rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kebotakan.
Rambut rontok pada umunya disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan vitamin yang cukup untuk akar rambut, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin membuat akar rambut mudah rapuh dan menyebabkan kerontokan rambut
Kerontokan rambut  juga terjadi kakrena adanya suatu gangguan autoimun dimana sel-sel dari arah putih tubuh kemudian menyerang folikel rambut dan bisa membuatnya berhenti untuk  menumbuhkan rambut. Namun, pada masalah kerontokan rambut ini bukan hanya rambut kepala yang bisa terserang. Beberapa  dari mereka juga mengalami masalah rontoknya rambut diseluruh tubuh mereka. Dan hal ini merupakan hal yang dikenal dari dunia medis dengan sebutan alopecia universalis atau kerontokan rambut yang terjadi secara keseluruhan karena penyebabnya adalah alopecia areata).
Penyebab Rambut Rontok
Faktor Eksternal
Gaya Rambut
Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu pastikan terlebih dahuku kesehatan rambut anda sebelum anda mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.
Bahan Kimia
Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya. Selain itu penataan rambut dan mengikat rambat secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan rusak.
Radikal Bebas
Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.
Faktor Internal
Keturunan
Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok adalah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.
Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan horon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang cukup parah.
Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.
Penyakit
Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.
Demikian artikel kali ini mengenai penyebab rambut rontok yang wajib diketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menghindari anda dari penyebab kerontokan pada rambut. Terima kasih dan sampai bertemu lagi.
Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami
Pijat Pada Kepala
Pijatan di kulit kepala dapat merangsang sirkulasi darah dan menjaga folikel rambut tetap aktif. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.
Antioksidan
Balurkan dua kantong teh hijau hangat yang telah diseduh pada rambut dan kulit kepala. Tunggu selama satu jam dan bilas. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
Teh Hijau
Berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut.
Lidah Buaya
Lidah Buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut.
Daun Seledri
Memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.
Minyak Esensial
Gunakan miyak esensial seperti lavender, basil, jelatang dan lemon.
Jus Alami
Gosok kulit kepala dengan jus bawang putih, jus bawang merah atau jus jahe. Biarkan semalaman. Bilas rambut hingga bersih pada pagi hari.
Share This :